spot_img

Begini Panduan Traveling Ala Backpacker ke Samosir

NINNA.ID – Pernah berencana backpackeran ke Samosir? Kamu tidak perlu cemas jika jalan sendiri ke Samosir. Sepanjang kamu berupaya menjaga diri baik-baik, semua bakal aman. Berikut panduan dan rincian biaya backpackeran ke Samosir versi ninnA.

Anggap mengambil titik permulaan perjalanan dari Kota Medan. Oke, pastikan bro dan sista sudah tahu akan naik transportasi apa. Ada sejumlah pilihan misalnya Bus Sejahtera, taksi plat hitam, dan angkutan umum lainnya.

Untuk yang praktis dan murah, Bus Sejahtera. Data terbaru tarif Bus Sejahtera dari Terminal Amplas atau Terminal Pancing menuju Parapat Rp50 ribu per orang. Bus Sejahtera biasanya akan berhenti di Terminal Sosor Saba Parapat atau Loket Sejahtera Parapat.

Tapi saran ninnaA sebaiknya kamu berhenti mendekati Pelabuhan Tiga Raja atau Pelabuhan Ajibata. Kamu bisa minta tolong sama supir atau kernet bus supaya kamu diturunkan di Pelabuhan Tiga Raja atau Pelabuhan Ajibata.

Ketika kamu sudah masuk bus atau sudah melewati Panatapan Parapat, kamu bisa memohon kepada kernet atau sopir agar diturunkan dekat Pelabuhan Tiga Raja atau di Pelabuhan Ajibata.

Pelabuhan Tiga Raja Vs Ajibata
Inilah yang kerap buat bingung para travelers. Pelabuhan Tiga Raja itu masih di Kabupaten Simalungun sedangkan Pelabuhan Ajibata itu di Kabupaten Toba. Tapi kedua pelabuhan ini sama-sama menjadi penghubung menuju Kabupaten atau Pulau Samosir.

Biasanya dari pelabuhan Tiga Raja tepatnya menggunakan Kapal Kecil, kita akan diantar sampai ke TukTuk. Ongkos kapal menuju TukTuk sedikit lebih mahal dibandingkan dari Pelabuhan Ajibata menuju Tomok. Ongkos Rp20 ribu per orang. Jika kamu ingin langsung menuju TukTuk, pilihlah Pelabuhan TukTuk.

Namun bila kamu ingin menuju Tomok, khususnya Pasar Tomok, kamu harus berhenti di Pelabuhan Ajibata. Jumlah kapal di pelabuhan ini lebih banyak. Berangkat hampir tiap jam. Bila kamu ingin segera mendapatkan kendaraan umum menuju penginapan, kamu bisa berhenti di pemberhentian pertama yang biasa disebut Pelabuhan Sumber.

Dari Pelabuhan Sumber ini kamu akan menjumpai sejumlah moda tranportasi seperti becak dan angkot yang menawarkan jasa untuk mengantarmu ke tujuanmu. Soal ongkos becak, ninnA tidak cantumkan di sini karena ini bergantung tujuanmu.

Berbagai Penginapan
Sebaiknya sebelum menuju Samosir kamu sudah menghubungi atau memesan kamar hotel atau penginapan. Ada banyak penginapan tersedia. Hampir di tiap Desa Wisata di Samosir tersedia homestay, kamu bisa pilih mau mengenal atau eksplorasi desa mana.

Desa Wisata bisa menjadi pilihan buatmu yang ingin menikmati liburan sekaligus mengenal masyarakat di desa setempat. Biasanya homestay yang ditawarkan Desa Wisata lebih murah dibandingkan hotel-hotel. Kamu pun bisa akses informasi tentang homestay di Ninna.

Jika kamu backpackeran bersama kawan-kawanmu, itu lebih bagus. Kamu bisa patungan untuk biaya homestay. Jika sebuah homestay harganya 400ribu dan itu bisa muat 6 orang maka masing-masing hanya perlu keluar duit sekitar 70ribu per orang. Terbilang hematkan?

TERKAIT  Dilirik Sutradara America Diabaikan di Simalungun

Bila kamu memilih menginap di hotel, kamu pun bisa dapat yang murah. Tarif hotel berkisar 150ribu per kamar bisa kamu dapat. Tapi kamu harus benar-benar telusuri banyak informasi agar dapatkan tawaran terbaik.

Berbagai Destinasi Wisata
Samosir punya banyak destinasi wisata. Ingin melihat lokasi indah di puncak bukit di Samosir, ada Tanjungan, Danau Aek Natonang, Danau Sidihoni. Ada Gunung Pusuk Buhit, Bukit Holbung, Bukit Sibea-bea, dan lainnya.

Kalau kamu mau main ke pantai, ada banyak pilihan pantai bagimu, Pantai Batu Hoda, Pantai Tandarabun, dan bahkan hotel-hotel kadang kala punya pantai. Kamu bebas pilih mau main di pantai mana.

Jika kamu punya waktu liburan 2 hari di Samosir, fisikmu kuat, kenapa tidak keliling Samosir dengan sepeda motor? Bergantung laju kendaraanmu dan waktu singgahmu ke objek wisata.

Cukup 6-7 jam saja kamu dapat mengelilingi Pulau Samosir. Kamu bisa pilih, bisa sewa sepeda motor atau ikut Bus Damri yang sudah punya jadwal tetap untuk mengelilingi Samosir. Berkelana mengelilingi Samosir saja sudah buat kita puas melihat banyak hal.

Masih banyak yang ninnaA bagikan bro dan sista sebagai panduan perjalanan. Ninna akan bagikan di artikel selanjutnya. Jangan sampai kelewatan artikel terbaru dari portal media ini. Kamu juga boleh meminta kepada salah satu penulis ninnA untuk mengulas panduan backpackeran lainnya.

Rincian Biaya Backpackeran ke Samosir
Rincian biaya 3 hari 2 malam backpackeran ke Samosir untuk kamu yang berminat jadi solo traveler atau sendirian bepergian ke Samosir. Ini hanya gambaran termurah, tidak mutlak, mengingat tarif bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan moda transportasi dan pengelola jasa wisata.

Bus Sejahtera dari Medan-Parapat Rp50.000, ongkos kapal dari Pelabuhan Tiga Raja atau Ajibata +- Rp20 ribu, penginapan di hotel termurah misalnya Rp150 ribu per malam. Untuk akomodasi 2 malam gambaran kasarnya Rp50 ribu x 2 + Rp20.000 x 2 + Rp150.000 x2 = Rp440 ribu. Itu jika kamu sendirian di kamar hotel. Jika kamu punya kawan, kalian bisa saling berbagi meringankan biaya.

Rp440 ribu ini tidak termasuk biaya sarapan, makan siang dan makan malammu, itu bergantung kamu, kamu mau makanan seperti apa dan di mana, banyak pilihan. Itu juga tidak termasuk biaya jika kamu sewa sepeda motor untuk mengelilingi Samosir.

Untuk mengakses informasi tentang Samosir, kamu bisa mengandalkan ninnA atau saluran informasi terpercaya lain di internet. Yuk, mulai buat rencana backpackeran ke Samosir!

 

Penulis   : Damayanti Sinaga
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU