Bappelitbangda Toba Gelar Konsultasi Publik RKPD 2024

BERSPONSOR

TOBA – Pemerintah Kabupaten Toba melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbagda) melaksanakan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Balai Data Kantor Bupati Toba, Kamis (02/02/2023).

Kepala Bappelitbagda Toba Sofyan Sitorus mengatakan, kegiatan RKPD 2024 ini merupakan tahapan yang telah digariskan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017.

“Di rangkaian itu ada konsultasi publik yang inti sebenarnya, untuk menerima masukan dari seluruh stakeholder dari semua unsur yang kami undang dalam rangka penyempurnaan rancangan awal itu sendiri. Jadi ada masukan seperti ini lalu itu berproses dan diperbaiki sampai ke rancangan akhir,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Sofyan menjelaskan 4 prioritas pembangunan Kabupaten Toba tahun 2024 meliputi; pertama, penguatan kualitas SDM dan peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat. Kedua, peningkatan ketersediaan dan kualitas infrastruktur.

BERSPONSOR

Ketiga, peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan nilai tambah sektor pertanian, pariwisata, koperasi dan UMKM dan dunia usaha. Keempat, peningkatan tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan publik.

TERKAIT  Danau Toba: Dulu vs Sekarang

Untuk 2024, keempat itu memang kita konsen bagaimana supaya bisa lebih baik ke depan. Dengan status pandemi sudah dicabut, harapan kita ke depan kita bisa lebih fokus menangani apa yang sudah digariskan di RPJMD,” ujarnya.

Secara umum, Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk tahun 2022, disebutkan mengalami peningkatan dari tahun 2021.

Tema pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Toba tahun 2024 adalah mendorong produktivitas masyarakat pada sektor pertanian dan pariwisata sebagai sektor unggulan dan ekstensifikasi ekonomi.

BERSPONSOR

Turut hadir, Bupati Toba Poltak Sitorus, Sekretaris Daerah Augus Sitorus, Kasat Intel Polres Toba AKP Basri Lubis, sejumlah OPD dan perwakilan masyarakat.

Penulis : Desi
Editor   : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU