Banyak yang Penasaran Cara Menghitung Hak THR, Begini lho Caranya

BERSPONSOR

NINNA.ID – THR umumnya diberikan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Natal. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung hak Tunjangan Hari Raya (THR).

Seperti diketahui, Tunjangan Hari Raya (THR) adalah sebuah hak bagi karyawan yang bekerja di Indonesia yang diberikan oleh perusahaan sebagai bentuk penghargaan atas kinerja dan dedikasi selama setahun kerja.

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui dasar cara menghitung hak THR, yang dihitung berdasarkan gaji bulanan karyawan.

Dalam penghitungan ini, gaji bulanan adalah gaji karyawan pada saat penggajian terakhir sebelum hari raya.

BERSPONSOR

Jadi, jika penggajian terakhir dilakukan pada tanggal 20 Mei, gaji bulanan karyawan yang digunakan untuk menghitung THR adalah gaji bulanan pada bulan Mei.

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui persentase THR yang harus diberikan.

Sesuai dengan peraturan pemerintah, persentase THR minimal yang harus diberikan adalah 1 bulan gaji atau 1/12 dari gaji tahunan.

Namun, perusahaan dapat memberikan persentase THR yang lebih tinggi.

BERSPONSOR

Dalam menghitung THR, pertama-tama hitung jumlah gaji bulanan karyawan pada saat penggajian terakhir sebelum hari raya.

TERKAIT  Turkish Airlines Turunkan WNI Mabuk di KNIA

Misalnya, jika gaji bulanan karyawan sebesar Rp 5.000.000, maka gaji bulanan ini akan digunakan untuk perhitungan THR.

Selanjutnya, hitung persentase THR yang harus diberikan. Jika perusahaan memutuskan untuk memberikan persentase THR sebesar 1 bulan gaji, maka jumlah THR yang harus diberikan adalah 1 x Rp 5.000.000 = Rp 5.000.000.

Namun, jika perusahaan memutuskan untuk memberikan persentase THR yang lebih tinggi, misalnya 2 bulan gaji, maka jumlah THR yang harus diberikan adalah 2 x Rp 5.000.000 = Rp 10.000.000.

- Advertisement -

Setelah menghitung jumlah THR yang harus diberikan, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal penting.

Pastikan penggajian karyawan terakhir sebelum hari raya sudah dilakukan dan gaji bulanan karyawan sudah terhitung dengan benar. Pastikan juga persentase THR yang diberikan sesuai dengan peraturan pemerintah dan kebijakan perusahaan.

Dalam menghitung Tunjangan Hari Raya (THR), pastikan Anda memperhatikan detail-detail penting dan menghitung dengan cermat.

Dengan mengikuti panduan sederhana ini, Anda dapat dengan mudah menghitung jumlah THR yang harus diberikan pada karyawan dan memastikan bahwa penggajian dilakukan dengan benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU