Bakti BCA Latih Kampung Warna-Warni Tigarihit Jadi Pemandu yang Mampu Buat Paket Wisata

BERSPONSOR

Parapat, NINNA.ID-PT Bank Central Asia (BCA), melalui payung program Bakti BCA menyelenggarakan pelatihan selama empat hari kepada pelaku usaha di Kampung Warna-Warni Tigarihit.

Pelatihan berfokus agar pengurus dan pelaku usaha di Kampung Warna-Warni Tigarihit dapat menjadi pemandu wisata dan mampu membuat paket wisata.

Program pembinaan di Kampung Warna-Warni Tigarihit diselenggarakan pada Selasa 21 November hingga Jumat 24 November.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diselenggarakan pada Selasa 21 November hingga Jumat 24 November. Bertempat di Sekretariat Pokdarwis Jalan Kolonel TPR Sinaga, Kampung Warna-Warni Tigarihit, Kelurahaan Parapat, Girsang Sipangbolon.

BERSPONSOR

Empat agenda utama yang dibahas selama empat hari ini antara lain: 1. Penyusunan produk wisata (pola perjalanan) dan perhitungan tarif, 2. Pemanduan aktivitas masyarakat sehari-hari, 3. Pemanduan story telling bagi masyarakat lokal.

Ada sekitar 30 masyarakat yang hadir dalam pelatihan ini. Sebagian besar adalah kaum ibu yang merupakan pelaku utama penghasil produk kreatif seperti Kacang Saok, Dolung-Dolung dan pengelola Homestay Tigarihit.

Kegiatan yang dimulai pada Selasa 21 November ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Simalungun Dian Pratiwi, Lurah Parapat Safrida Sinaga, Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera Utara Kus Endro, Perwakilan dari BCA Bakti Irwan.

BCA Bakti
Program Pelatihan BCA Bakti di Kampung Warna Warni Tigarihit (foto: istimewa)

Irwan mengatakan, BCA Bakti memiliki puluhan desa yang digandeng menjadi desa binaan. Di Sumatera Utara, Kampung Warna-Warni satu-satunya kampung yang mendapat hak istimewa menjadi kampung binaan BCA Bakti.

BERSPONSOR
TERKAIT  Cek Pengumuman SNBP 2023, Terdapat 143.805 Siswa Diterima, Akses Link Pengecekan Disini

Program pembinaan ini sudah dilakukan sejak awal 2023. Kegiatan pelatihan jadi pemandu wisata selama empat hari menjadi kegiatan penutup di tahun 2023 untuk Kampung Warna-Warni Tigarihit.

Kus Endro pelatih dari HPI Sumatera Utara menekankan beberapa poin yang perlu dikuasai oleh seorang pemandu. Salah satu di antaranya story telling.

Seorang pemandu tidak cukup hanya menunjuk atau memberikan jawaban seadanya jika wisatawan bertanya.

Seorang pemandu harus bisa menceritakan, menerangkan suatu objek wisata. Dengan demikian, story telling menjadi salah satu ‘oleh-oleh’ yang dapat dibawa pulang wisatawan.

- Advertisement -

Kampung warna-warni Parapat merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Simalungun. Desa ini berhasil mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kementerian Pariwisata karena tembus 50 besar.

Selain memiliki corak warna-warni layaknya pelangi, kampung ini belakangan dikenal menyediakan penginapan alternatif bagi wisatawan.

Tarif atau harga paling rendah 200.000/kamar. Namun saat musim puncak liburan, harga kamar bisa lebih tinggi.

Kampung ini juga menyediakan kuliner Batak bagi tamu-tamu. Untuk yang menginap di homestay, pasti akan mendapatkan sarapan gratis.

Kampung ini juga menyediakan kesempatan bagi warga untuk belajar cara membuat dolung-dolung dan mie gomak.

Penulis: Damayanti Sinaga
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU