Bah Sampuran Kolam Sebening Kaca Kiriman Danau Toba

BERSPONSOR

SIMALUNGUN – Kali ini, dari Simalungun bro dan sista akan dimanjakan dengan pesona kolam yang jernih, sebening kaca. Berlokasi di Nagori Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatra Utara, kolam ini memiliki daya pikat yang sangat kuat. Ya, Bah Sampuran.

Kolam ini juga kerap disebut dengan Bah Tio, diterjemahkan dari Bahasa Simalungun, Tio artinya jernih. Maka tidak salah orang menyebutnya dengan Bah Tio karena air kolam Bah Sampuran ini sangat jernih.

Berbicara mengenai mitos, konon katanya, air di kolam ini memiliki aliran langsung dari Danau Toba. Santer dipercaya warga setempat, pernah dijumpai beberapa spesies ikan yang memang hidup di Danau Toba.

Seperti apapun ceritanya, mitos-mitos yang muncul ini kerap kali hadir sebagai penambah
daya pikat dari sebuah destinasi wisata sehingga semakin banyak orang yang mengunjunginya.

BERSPONSOR

Masuk ke objek wisata ini, bro dan sista tidak akan dipungut biaya retribusi masuk. Hanya ada istilah uang kebersihan toilet dan parkir sebesar Rp2000. Memasuki lokasi wisata ini, bro dan sista akan menyusuri pepohonan sawit yang sangat rindang dan akan menjumpai kolam Bah Sampuran berada di tengah ladang sawit milik warga.

Panjang kolam ini sekira 20 meter dan lebarnya 10 meter. Tidak begitu luas memang. Namun keindahanya sanggup membuat diri untuk betah berlama-lama di sana.

Aktivitas andalan di kolam ini pastinya adalah berenang, menikmati jernihnya air kolam yang dipadu dengan hembusan angin segar dari balik pepohonan sawit. Saat menyelam ke dasar kolam, bersihnya dasar kolam menjadi spot primadona untuk mengabadikan momen dengan bebatuan yang menghiasinya.

TERKAIT  Dahulu Medan Tempur Sekarang Kampung Warna Warni

Kalau bro dan sista mau membawa ban pribadi juga sangat diperbolehkan karena menikmati sekeliling kolam dengan cara mengapung adalah salah satu pilihan aktivitas tak kalah seru dengan berenang.

BERSPONSOR
Bah Sampuran 2
Mengaoung di Bah Sampuran.(foto:ist)

Sebelum berkunjung ke tempat ini, pastikan persediaan makanan dan minuman bro dan sista sudah lengkap karena sangat jarang ditemui masyarakat yang menjajakan
kuliner. Siapkan bekal yang banyak karena seusai berenang sangat nikmat untuk langsung menyantap makanan apalagi ditengah hutan yang penuh dengan panorama indah.

Untuk fasilitas umum penting lainnya, seperti mushola juga belum ada. Hanya toilet dan merangkap ruang ganti. Kondisinya bisa dikatakan, sudah layak. Jikalau bro dan sista membawa anak, pastikan untuk selalu mengawasi karena terdapat beberapa spot yang dalam.

Jarak tempuh Bah Sampuran sekira 14 kilometer dari Kota Pematang Siantar dan memerlukan waktu sekitar 30 menit berkendaraan. Aksesibilitas ke lokasi Bah Sampuran terbilang cukup baik, karena bisa dilalui oleh kendaran jenis apapun, baik sepeda motor maupun mobil.

Untuk areal parkir kendaran pun sudah tersedia. Dari sini hanya butuh 5 menit berjalan kaki, kolam sebening kaca itu terpampang di depan mata.

- Advertisement -

Indonesia itu tidak hanya sekedar pantai, danau, gunung namun juga kolam kecil seperti Bah Sampuran, dapat memberi kenyamanan dan ketenangan batin. Yok berwisata ke Sumatera Utara.

 

Penulis   : Josua Siburian
Editor      : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU