spot_img

Ayam Sorlet Khas Bakara, Bikin Ketagihan

HUMBAHAS – Keindahan atau keunikan suatu destinasi wisata akan semakin cepat viral, jika dibarengi dengan jenis kuliner khasnya. Seperti yang akan ninnA perkenalkan kali ini, dari desa kelahiran Sisingamangaraja, ada Ayam Sorlet.

Dari tepian Danau Toba, Bakara, tepatnya di Desa Simangulampe, ada satu rumah makan bernama Anugerah Soambaton. Menu spesial rumah makan ini, bernama Ayam Sorlet.

Dalam bahasa Batak, kata sorlet bisa diartikan “maknyus” atau rasanya menantang.

Lantas apa yang membuat menu ini terasa spesial? Tidak ada cara lain selain mencicipi langsung bukan? Tapi sebelum datang langsung, ninnA menguraikan bagaimana “sorletnya” kuliner ini.

Bahan utamanya tentu disesuaikan dengan lidah orang Batak, ayam kampung. Rahasia berikutnya adalah bumbu. Bumbu yang ada, hampir sama dengan bumbu olahan ayam orang Batak pada umumnya. Ada bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, lengkuas, serai dan andaliman.

Seluruh jenis bumbu ini diracik sedemikian rupa, untuk mendapatkan rasa khas, seperti pedas, asam, asin dan bertekstur kental. Inilah karakter bumbu yang pas d lidah orang Batak secara umum, dengan aroma andaliman dan serai yang kuat. Untuk ayam sorlet ini, lebih mengedepankan aroma serai dan rasa andaliman yang pas.

TERKAIT  Nature Coffee & Resto, Penyedia Kopi Panggang Susu

Untuk menikmati ayam sorlet ini, bro dan sista dapat menempuh satu jam perjalanan dari Doloksanggul Kota atau satu setengah jam dari Bandara Silangit.

Ayam Sorlet seolah telah menjadi ikon kuliner di Kecamatan Baktiraja. Tamu-tamu daerah atau wisatawan selalu dibawa ke restoran ini, untuk mencicipinya. Hal itu terlihat dari jumlah pelanggan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya selalu ramai.

Berkunjung ke Bakara belum lengkap kalau belum mencicipi ayam sorlet sampai mengaku, “Isorlethon Bah”.

Restoran Anugerah Soambaton juga menawarkan menu pilihan lainnya seperti ikan mujahir panggang, ayam gota dan napinadar. Pilihan tinggal disesuai dengan selera masing-masing.

 

Penulis  : Gomgom Sihombing
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU