spot_img

Atraksi Para Penjemput Awan di Huta Ginjang

NINNA.ID –  TAPANULI UTARA

Huta Ginjang merupakan salah satu destinasi wisata di Tapanuli Utara yang cukup terkenal, terlebih bagi pecinta para layang. Dari sini, sisi eksotisme Danau Toba dengan Pulau Sibandang yang terkenal penghasil salah satu mangga terbaik itu terekspos dengan jelas.

Hawa yang terasa dingin di sana, bisa dinikmati sembari belajar sejarah tentang letusan Super Vulcano Toba, 7200 tahun lalu. Termasuk belajar terbang para layang.

Panatapan di Muara Taput. (Foto/Billy)

Disebut bagian dari letusan gunung purba itu, maka kawasan panatapan itu ditetap menjadi salah satu geosite dari Geopark Kaldera Toba. Sayangnya, di kawasan ini fasilitas pendukung belum selesai seluruhnya. Proses untuk memanjakan wisatawanmasih dalam pekerjaan.

Saat ini sedang membangun sarana fasilitas pendukung di Huta Ginjang. Memamg pembangunan sarana ini belum maksimal tapi kita harapkan nanti bisa lebih optimal – Jeffry Sinaga Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Taput.

Jika saat musim mangga tiba, pengunjung bisa merasakan manisnya mangga lokal dari Pulau Sibandang yang banyak dijajakan di sana. Yok siapkan rencana mu ke Huta Ginjang. Nikmati aksi para  penjemput awan sambil mengecap rasa mangga lokal dari Geopark Kaldera Toba.

TERKAIT  Etalase Geopark Terlengkap di Kawasan Danau Toba

Selain destinasi ini, Kabupaten Taput masih memiliki beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik. Untuk wisata religi Taput memiliki Salib Kasih. Sisi kuliner, ada putu khas asli Kecamatan Siatas Barita.

Lokasi wisata terdekat dengan Kota Tarutung adalah pemandian Air Soda yang unik dan juga ada pemandian air panas di kampung Hutabara. Bahkan, nama Tarutung yang berarti buah durian terlihat dapat menjadi bahan menarik untuk digali saat berkunjung ke Tapanuli Utara.

Selain itu, Kota Tarutung sebagai pusat Kabupaten Taput, juga menjadi pusat Gereja HKBP sedunia. Kantornya ada di Pea Raja dengan suasana yang cukup aman, damai dan sejuk oleh hawa daerah itu.

Di luar Kota Tarutung dan Kecamatan Siatas Barita, masih ada Kecamatan Siborong-borong yang terkenal dengan kuliner ombus-ombusnya. Kota ini malah menjadi salah satu syair lagu yang terkenal, yang dinyanyikan grup musik asal Pematangsiantar Pugxgoaran dengan judul lagunya, Sayur Kol.

Penulis : Billy S

Editor   : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU