spot_img

PANGGUNG TALA TOBA

Atraksi Baru di The Kaldera Toba Nomadic Escape

TOBA – Tepatnya Sabtu (27/11/2021), The Kaldera Toba Nomadic Escape yang berada di lahan Zona Otorita Pariwisata Danau Toba, Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba ini dibuka kembali. Pengelola kawasan ini, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba telah menyiapkan atraksi Panggung Tala Toba, sebagai tontonan pengunjung. Atraksi seni ini, secara tetap tentu diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu, hingga masa aturan PPKM Liburan Natal diberlakukan kembali.

Aksi seni Tala Toba yang pertama di panggung papan elegan dengan latar Danau Toba, dibawakan Sanggar Tunas Kelapa dari Samosir. Mereka membawakan tiga Tortor Batak dengan berbagai tema.

Penampilan seru sanggar ini terlihat mampu membuat penonton bersorak riuh dengan hadiah tepuk tangan. Apalagi saat tarian terakhir, Tortor Sigale gale, menjadi atraksi yang paling banyak diabadikan penonton. Alur cerita sebagai dasar gerakan tortornya, berhasil membawa penonton larut dalam kisah itu.

Suasan riuh berganti,  ketika Panggung Tala Toba menampilkan Trio The Bagas. Lagu yang dibawakan mengajak pengunjung bergoyang. Tanpa dikomando, sekelompok emak-emak, yang belakangan diketahui dari Kota Medan, ikut bergoyang dan bernyanyi.

Panggung The Kaldera Toba Nomadic Escape ini semakin riuh dengan olahan musik perkusi yang dibawakan Pondok Kreatif Parapat. Paduan berbagai alat musik perkusi dengan dukungan nada dari alat musik tradisional Garantung mereka kreasikan seindah nama kelompok musik ini.

TERKAIT  Pulau Simamora yang Mirip Kura-kura di Danau Toba

Ritmenya asyik, membuat tubuh ikut bergoyang mengikuti setiap nada dan hentakan musik atraktif yang mereka sajikan.  Permaikan musik seniman muda yang masih di usia 15 – 20an ini, sangat kreatif dipadu dengan tiga orang penari yang selalu selaras mengikuti hentakan musik perkusi yang dimainkan.

Penampilan lain di Panggung Tala Toba, Senapas Band. Grup band dengan alat musik modern ini, terdiri dari lima orang personel, membawakan The Kaldera Toba Nomadic Escape yang diperkaya dalam bahasa Spanyol, Latin, Inggris. Kolaborasi berbagai genre musik yang mereka bawakan, semakin meramikan bumi indah di Kaldera Toba.

Hadirnya atraksi seni budaya di Panggung Tala Toba, semakin menjadikan The Kaldera Toba Nomadic Escape, penuh kegiatan. Tapi tetap saja, pengunjung yang datang ke tempat ini, tidak lupa dengan “Jokowi Point”.

Di lokasi Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana pernah mengabadikan dirinya, menjadi spot foto yang memang instagramable, dengan latar belakang Danau Toba. Rasanya belum datang ke The Kaldera Toba sebelum berfoto dengan gaya ala Pak Jokowi di tempat itu.

The Kaldera Toba Nomadic Escape, kini jadi salah satu pilihan berlibur warga Kota Medan, Kabanjahe, Jakarta, Toba, Tebing, Siantar dan daerah-daerah lain, terdengar dari logat bahasa mereka.

 

Penulis  : Febe
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU