spot_img

Asyiknya Panen Buah Kurma di Kaki Gunung Sinabung

KARO – Kurma. Saat memakan buah berasa manis ini, terbayang padang pasir di Timur Tengah. Sehingga kita beranggapan, tumbuhan kurma merupakan tanaman yang hanya cocok di daerah bersuhu tinggi. Tapi siapa sangka, ternyata di daerah dengan suhu cukup dingin, pohon kurma dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah. Bukan hanya kebetulan tumbuh, tapi memang ada kebun kurma di Kabupaten Karo.

Kebun kurma ini berada di bawah kaki Gunung Sinabung. Tepatnya di Kuta Mbaru Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo Sumut. Pohon kurma di sini ditanam 5 tahun lalu dan sudah sering dipanen. Pohon kurma di kebun ini ada 200 batang dan telah menjadi  destinasi agro wisata.

Di kebun ini, pohon kurma berusia 3 tahun sudah mulai berbunga. Di usia enam bulan, sudah mulai dilakukan penyerbukan antara bunga betina dengan bunga jantan dengan cara manual dan dibantu juga penyerbukan alam oleh serangga seperti lebah dan burung-burung.

Hasil kebun ini mulai dirasakan sekitar November 2021. Dalam satu bulan, tepatnya Desember 2021 buah kurma sudah bisa dipanen. Seperti layaknya tumbuhan sawit, pohon kurma juga tidak mengenal musim layaknya pohon durian atau rambutan. Selagi subur dan terawat akan selalu berbuah.

Pohon kurma di sini bisa menghasilkan 5- 8 tandan buah, yang masing masing tandan bisa mencapai 20 Kg.

Adalah Bena Ukur Tarigan, mantan seorang guru ASN, yang punya keberanian untuk memulai menanam kurma di Kabupaten Karo. Dia mulai menanam kurma ini sekitar 5 tahun lalu di lahan seluas 1,5 ha.

Kurma Karo 2
Owner Kebun Kurma Bena Tarigan dan Owner Widy Holidays H Amsyal (kaca mata hitam).(foto:widy holidays)

Bibit-bibit kurma itu, kata Bena Tarigan, dibawa dari dari Inggris. Sebanyak 200 bibit Kurma Barhi itu telah melalui proses Karantina di kedua bandara, Inggris dan Kualanamu. Bibit-bibit kurma itu dimasukkan dalam kapsul spesial agar tetap terjaga kesuburannya.

Selama ini, pohon kurma diketahui banyak terdapat di Mesir, Iran, Arab Saudi, Irak, Pakistan, Uni Emirat Arab, Sudan, Oman dan Inggris. Pohon kurma juga terdiri dari berbagai jenis. Di antaranya Kurma sukari, Kurma Ambar, Kurma Rotana, Kurma Barhi, dan banyak lagi. Salah satu jenis kurma yang sangat populer yaitu kurma yang disukai Nabi Muhammad SAW yaitu Kurma Ajwa.

TERKAIT  Homestay Mrw Situngkir, Serasa Menginap di Rumah Leluhur

Keberhasilan Bena Tarigan memiliki kebun kurma tak mudah. Ketertarikannya dengan kurma, menerbangkannya ke Thailand, belajar pada salah satu kebun kurma di negeri gajah putih itu.

Kesuksesan Bena Ukur Tarigan membudidayakan tanaman kurma di daerah bersuhu dingin telah viral. Saat ini tak perlu jauh-jauh melihat kebun kurma ke Timur Tengah atau Inggris, cukup datang saja ke Kuta Mbaru Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo Sumut.

Kebun kurma ini sekarang dikenal sebagai salah satu Destinasi Wisata Agro wisata di Karo yang mulai ramai di kunjungi. Selain kurma, di kebun  Bena Tarigan ini juga ada banyak tanaman lain seperti buah naga dan salak.

Di sini, pengunjung dapat membeli kurma, buah naga dan salak dengan petik sendiri. Bagi yang ingin lebih cepat menikmati, di pekarangan rumah Bena Tarigan, telah tersedia hasil panen buah-buahan itu.

Seorang pengunjung dari daerah Langkat, Lindawaty yang ditemui di kebun itu mengatakan, sangat seru berwisata ke kebun kurma ini. Selain bisa memetik sendiri, kawasan kebun kurma itu juga sangat unik untuk dijadikan spot foto yang instagramable.

Di sini buah kurma dibandrol dengan harga Rp200.000/Kg untuk kurma muda dan Rp250.000/Kg kurma yang sudah matang. Sedangkan untuk biaya masuk sebagai ganti biaya perawatan kebun ini, pengelola mengenakan tarif  Rp30.000 per orang. Tiket seharga itu sudah termasuk ke kebun buah naga, kebun salak, water bom dan kolam pancing.

Tunggu apalagi. Yok ke kebun kurma Pak Bane Tarigan di Tanah Karo.

 

Citizen Jurnalis : H Amsyal (Owner Widy Holidays)
Editor  : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU