ASPPI Samosir Silaturahmi Awal Tahun Pererat Komitmen Saling Dukung

BERSPONSOR

Samosir, NINNA.ID-Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Samosir berkumpul untuk silaturahmi di awal tahun di rumah pribadi Ketua ASPPI Samosir Ombang Siboro.

Silaturahmi di awal tahun ini bertujuan guna mempererat komitmen antar anggota saling mendukung bisnis satu sama lain.

Silaturahmi yang diadakan pada Senin 15 Januari 2024 di Desa Siopat Sosor Parbaba ini pun bertujuan membahas terkait efektifitas kepungurusan ASPPI Samosir dan keberlanjutan organisasi tersebut.

Dalam diskusi yang berlangsung selama lebih dari tiga jam tersebut, beberapa anggota mempertanyakan keterwakilan para anggota ASPPI Samosir dalam sejumlah kegiatan ASPPI Sumatera Utara.

BERSPONSOR

“Kalau mereka (ASPPI Sumatera Utara) anggap kita bagian dari mereka, seharusnya ada perwakilan ASPPI Samosir 2-3 orang saat launching Kapal Phinisi. Tapi ini tidak ada,” ujar Daniel Manik, pemilik Samuel Restauran.

ASPPI Samosir

Evaluasi ASPPI Samosir

Dalam silaturahmi ini, para anggota juga menceritakan berbagai tantangan maupun kesulitan yang dihadapi dalam menjalankan bisnisnya masing-masing.

BERSPONSOR

Selain itu, beberapa anggota juga menyampaikan pendapat pribadi terkait apa yang perlu dilakukan agar kepungurusan ASPPI Samosir semakin lebih baik.

“Saya secara pribadi senang bergabung di sini. Saya bisa bertemu teman-teman, ada teman baru. Jadi, dari saya secara pribadi kalau bisa lanjut saja ASPPI Samosir ini. Jumpa dimana jika ada pertemuan, say hello lah,” jelas Marcos Nainggolan, Pengelola Pandua Beach Nainggolan, Samosir.

TERKAIT  40,21 Persen Penduduk Indonesia Gunakan Bahasa Daerah dengan Keluarga

Stephanie Siallagan, pengelola Sony Hotel dan Samosir Seadoo, juga memberikan usulan agar Ketua ASPPI Samosir bisa menunjuk siapa saja yang dapat membantu para pengurus mengambilalih tugas kesekretariatan.

“Bukan menyerahkan semua beban kepada pengurus. Tapi jika pengurus sibuk, bisa ditunjuk anggota lain untuk mengambilalih tugas,” jelas Stephanie.

- Advertisement -

Saling Dukung

Ombang, Ketua ASPPI Samosir, berharap semakin banyak para pelaku pariwisata yang bergabung di ASPPI Samosir.

Harapannya, melalui wadah ini, para pelaku usaha pariwisata bisa saling mendukung satu sama lain.

Ia mengatakan kemajuan pariwisata hanya bisa dicapai dengan kolaborasi banyak pihak. Salah satu wadahnya adalah melalui ASPPI.

“Di pariwisata kita tidak bisa kerja sendirian. Mesti kolaborasi berbagai pihak,” jelasnya dengan memberikan contoh nyata yang ia lakukan di BatuHoda Beach.

Upaya untuk melibatkan penduduk lokal bekerjasama dalam memajukan usaha pariwisata juga memberikan dampak ekonomi yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

Penulis: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU