spot_img

Arsik Kaki Babi Khas Lapo Sitanggang, Nendang di Lidah

SAMOSIR – Bagi para penikmat olahan daging babi, pasti sudah sering menikmati babi panggang, babi goreng dan tubis babi. Kali ini, menu spesial arsik kaki babi datang dari Kota Pangururan, Kabupaten Samosir.

Hampir 20 tahun berdiri, Lapo (RM) Sitanggang yang tepat di simpang “Tano Lapang” ini, terkenal dengan konsistensi rasa khas arsik kaki babi. Inilah yang menjadikannya menjadi salah satu rumah makan khas Batak di Pangururan, yang selalu padat di waktu makan siang di hari kerja.

Banyak pelanggan mengakui, arsik kaki babi di sana teksturnya empuk, rasanya nikmat, dengan racikan bumbu khas Batak yang kuat seperti andaliman dan bawang Batak.

Sebagai penambah rasa sekaligus lalapan, pemilik Lapo Rospita Sibagariang, menambahkan rebung yang dimasak bersama kaki babi. Kaki babi dimasak dua sampai tiga jam, bersama campuran semua rempah yang sudah dipilih. Proses memasak yang lumayan lama itu, agar kaki babi yang mengandung serat itu terasa empuk.

“Untuk resep detailnya janganlah saya jelaskan, itu rahasia dapur kami, ” kata Rospita sambil tertawa didampingi anaknya Cristina.

Cristina menambahkan, sebelum masa pandemi RM Sitanggang selalu ramai. Hampir 50 hingga 60 potong arsik kaki babi selalu ludes terjual. Selain warga sekitar Pangururan, biasanya para traveler penikmat olahan daging babi dari Kota Medan, selalu datang ke rumah makan mereka.

Sayangnya, rumah makan mereka juga terdampak pandemi. Saat ini hanya bisa menjual 10 sampai dengan 20 potong arsik kaki babi. Meroketnya harga daging babi akhir-akhir ini, juga sangat memengaruhi.

TERKAIT  Hutanami Resto, Menu Nasional Khas Andaliman

“Pelanggan yang datang makan kebanyakan para wisatawan dan juga orang kantoran, semuanya dan rata-rata pegawai,” kata Cristina.

Untuk satu porsi arsik kaki babi dijual seharga Rp 20 ribu. Jika makan di tempat, dilengkapi dengan sup daging babi dengan harga Rp 30 ribu.

Salah seorang pelanggan Jonas Simatupang yang dijumpai NINNA.ID di RM Sitanggang mengatakan, rasa arsik kaki babi itu pas di lidah orang Batak, aromanya menggugah selera pedasnya nendang.

 

Penulis    : Jogi S
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU