Apa Itu Video Bokeh: Panduan Lengkap Tentang Teknik Fotografi

BERSPONSOR

Fotografi telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun, dan salah satunya adalah teknik bokeh. Dalam beberapa tahun terakhir, video bokeh telah menjadi sangat populer di kalangan fotografer dan videografer, berikut ini panduan nya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas semua panduan tentang video bokeh, termasuk apa itu, cara membuatnya, dan bagaimana memanfaatkannya dalam fotografi dan videografi.

Apa Itu Video Bokeh?

Berasal dari bahasa Jepang, bokeh adalah istilah dalam fotografi yang merujuk pada efek blur atau buram pada latar belakang gambar yang dihasilkan oleh lensa kamera.

Efek ini dihasilkan oleh pembiasan cahaya yang melewati lensa kamera dan menciptakan titik cahaya yang terlihat buram atau kabur di sekitar objek utama yang fokus. Efek bokeh biasanya digunakan untuk menonjolkan objek utama dan menciptakan nuansa estetik yang menarik dalam sebuah foto.

BERSPONSOR

Jenis-Jenis Bokeh

Sebelum membahas lebih lanjut tentang video bokeh, kita perlu membahas jenis-jenis bokeh yang mungkin pernah Anda dengar atau lihat:

bokeh bintang

Bokeh Berbentuk Bintang

Bokeh berbentuk bintang adalah salah satu jenis efek bokeh pada foto atau video yang terlihat ketika fotografer atau videografer menggunakan lensa dengan bilah aperture yang berbentuk bintang.

BERSPONSOR

Bokeh ini memiliki banyak bintang kecil yang keluar dari titik fokus pada objek yang difoto atau direkam.

Efek bokeh berbentuk bintang biasanya dihasilkan oleh lensa dengan bilah aperture yang memiliki jumlah genap seperti 6, 8, atau 10, karena bilah aperture tersebut akan membentuk bintang yang terlihat jelas.

Bokeh berbentuk bintang sering digunakan dalam fotografi night-sky, pemandangan kota, atau foto-foto Natal dan Tahun Baru untuk memberikan efek magis dan indah pada gambar.

bokeh spiral

- Advertisement -

Bokeh Spiral

Bokeh spiral adalah jenis efek bokeh pada foto atau video yang terlihat ketika fotografer atau videografer menggunakan lensa dengan bilah aperture yang melengkung.

Efek spiral ini terlihat seperti cahaya yang keluar dari pusat gambar pada objek yang difoto atau direkam. Bilah aperture yang melengkung pada lensa ini menghasilkan efek spiral yang semakin jelas terlihat ketika aperture semakin besar.

Bokeh spiral sering digunakan pada foto-foto alam seperti daun atau bunga yang sedang mekar, memberikan efek visual yang dramatis dan menarik perhatian.

Teknik bokeh spiral juga bisa digunakan pada foto produk untuk menyoroti objek tertentu dan memberikan efek elegan pada gambar.

bokeh pecah

Bokeh Pecah

Bokeh pecah terjadi ketika fotografer menggunakan lensa dengan bilah aperture yang tidak rata. Efek ini terlihat seperti bintang-bintang kecil yang tersebar di sekitar latar belakang gambar.

bokeh heptagon

Bokeh Heptagon

Bokeh heptagon terlihat ketika fotografer menggunakan lensa dengan bilah aperture yang berbentuk heptagon. Bokeh ini memiliki tujuh sudut yang jelas terlihat.

TERKAIT  Diklaim Film Horor Terseram, Ini Sinopsis dan Jadwal Tayang M3GAN di Bioskop Medan

Bagaimana Panduan Membuat Video Bokeh?

Untuk membuat video bokeh, ada beberapa langkah yang harus diikuti:

1. Pilih Lensa yang Sesuai

Pilih lensa dengan aperture yang besar, biasanya antara f/1.4 hingga f/2.8. Lensa ini akan memberikan ruang yang cukup besar bagi efek bokeh untuk terlihat.

2. Pilih Titik Fokus yang Tepat

Pilih objek yang ingin difokuskan pada video dan pastikan titik fokus tepat pada objek tersebut.

3. Atur Jarak Antara Objek dan Latar Belakang

Pastikan objek dan latar belakang memiliki jarak yang cukup jauh agar efek bokeh terlihat lebih jelas.

4. Atur Aperture

Atur aperture pada lensa sesuai dengan preferensi Anda. Semakin kecil bilah aperture, semakin besar efek bokeh yang terlihat.

5. Rekam Video

Rekam video dan pastikan efek bokeh terlihat pada latar belakang.

Manfaat Video Bokeh

Video bokeh memiliki manfaat estetis yang signifikan, membuat video menjadi lebih menarik dan video bokeh memiliki manfaat estetis yang signifikan, membuat video menjadi lebih menarik dan menonjolkan objek yang diinginkan. Selain itu, video bokeh juga dapat membantu menyoroti objek pada video yang dibutuhkan, sehingga fokus objek menjadi lebih jelas. Video bokeh juga bisa digunakan dalam berbagai genre video seperti iklan, video musik, dan film.

Tips Menggunakan Video Bokeh

Berikut beberapa tips penggunaan video bokeh yang bisa Anda coba:

1. Gunakan video bokeh dengan tepat

Pastikan Anda menggunakan video bokeh dengan tepat dan tidak berlebihan. Penggunaan video bokeh yang berlebihan justru bisa merusak tampilan video dan mengalihkan perhatian dari pesan yang ingin disampaikan.

2. Pertimbangkan setting dan suasana

Pertimbangkan setting dan suasana saat merekam video bokeh. Misalnya, menggunakan video bokeh pada suasana malam hari atau suasana yang romantis akan memberikan efek yang lebih dramatis.

3. Pilih lensa yang sesuai

Pilih lensa yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis video yang ingin dibuat. Beberapa lensa mungkin lebih cocok digunakan untuk video tertentu.

4. Kreatif dengan komposisi

Gunakan video bokeh dengan cara yang kreatif dengan memanfaatkan komposisi yang baik. Misalnya, gunakan video bokeh untuk menyoroti bagian tubuh seseorang atau objek tertentu.

Video bokeh adalah teknik fotografi dan videografi yang populer di kalangan fotografer dan videografer. Efek bokeh pada video membuat video menjadi lebih menarik dan estetis, serta membantu menyoroti objek pada video.

Dalam pembuatan video bokeh, pastikan untuk memilih lensa yang sesuai, menentukan titik fokus yang tepat, dan mengatur jarak antara objek dan latar belakang.

Dengan mengikuti tips dan trik yang tepat, Anda dapat menciptakan video bokeh yang menarik dan profesional.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU