Apa Artinya Menjadi Pengusaha dan Bagaimana Memulainya?

NINNA.ID

Apa itu Pengusaha?
Pengusaha adalah individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar imbalan. Proses mendirikan bisnis dikenal sebagai kewirausahaan. Pengusaha umumnya dipandang sebagai inovator, sumber ide baru, barang, jasa, dan bisnis/atau prosedur.

Pengusaha memainkan peran kunci dalam ekonomi apapun, menggunakan keterampilan dan inisiatif yang diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan dan membawa ide baru yang bagus ke pasar.

Pengusaha yang terbukti sukses dalam mengambil risiko menciptakan sebuah startup biasanya akan mendapat imbal balik berupa keuntungan, ketenaran, dan peluang pertumbuhan yang berkelanjutan.

Sebaliknya yang menghasilkan kerugian dan prevalensi yang lebih rendah di pasar bagi mereka yang terlibat.

Bagaimana Kewirausahaan Bekerja?
Kewirausahaan merupakan salah satu sumber daya yang dikategorikan oleh para ekonom sebagai bagian integral dari produksi, tiga lainnya adalah tanah/sumber daya alam, tenaga kerja, dan modal.

Pengusaha menggabungkan tiga hal pertama untuk memproduksi barang atau menyediakan jasa. Mereka biasanya membuat rencana bisnis, mempekerjakan tenaga kerja, memperoleh sumber daya dan pembiayaan, dan memberikan kepemimpinan dan manajemen untuk bisnis.

Pengusaha umumnya menghadapi banyak kendala ketika membangun perusahaan mereka. Tiga yang banyak dari mereka sebut sebagai yang paling menantang adalah sebagai berikut:
1. Mengatasi birokrasi
2. Mempekerjakan tenaga kerja sesuai bakat mereka
3. Memperoleh pembiayaan

BERSPONSOR

Ekonom tidak pernah memiliki definisi yang konsisten tentang “pengusaha” atau “kewirausahaan” (kata “pengusaha” berasal dari kata kerja Prancis entreprendre, yang berarti “melakukan”).

Meskipun konsep wirausaha ada dan dikenal selama berabad-abad, para ekonom klasik dan neoklasik meninggalkan wirausaha dari model formal mereka: Mereka berasumsi bahwa informasi yang sempurna akan diketahui oleh aktor yang sepenuhnya rasional, tidak menyisakan ruang untuk pengambilan risiko atau penemuan.

Baru pada pertengahan abad ke-20 para ekonom secara serius berusaha memasukkan kewirausahaan ke dalam model mereka.

Tiga pemikir sangat penting dalam penyertaan pengusaha: Joseph Schumpeter, Frank Knight, dan Israel Kirzner.1 Schumpeter menyatakan bahwa pengusaha—bukan hanya perusahaan—bertanggung jawab atas penciptaan hal-hal baru dalam pencarian keuntungan.

- Advertisement -

Knight berfokus pada pengusaha sebagai pembawa ketidakpastian dan percaya bahwa mereka bertanggung jawab atas premi risiko di pasar keuangan. Kirzner menganggap kewirausahaan sebagai proses yang mengarah pada penemuan.

Pengusaha
Infografis hanya sebagai pelengkap

Jenis Wirausaha
Tidak setiap pengusaha sama dan tidak semua memiliki tujuan yang sama. Berikut adalah beberapa jenis wirausaha:
-Pembangun (Builder)
Pembangun berusaha menciptakan bisnis yang dapat diskalakan dalam jangka waktu singkat. Pembangun biasanya memberikan pendapatan $5 juta dalam dua hingga empat tahun pertama dan terus membangun hingga $100 juta atau lebih.

Orang-orang ini berusaha membangun infrastruktur yang kuat dengan mempekerjakan talenta terbaik dan mencari investor terbaik. Mereka memiliki kepribadian temperamental yang cocok dengan pertumbuhan cepat yang mereka inginkan tetapi dapat membuat hubungan pribadi dan bisnis menjadi sulit.

-Oportunis
Pengusaha oportunistik adalah individu yang optimis dengan kemampuan untuk memilih peluang keuangan, masuk pada waktu yang tepat, tetap bergabung selama masa pertumbuhan, dan keluar saat bisnis mencapai puncaknya.

Jenis wirausahawan ini peduli dengan keuntungan dan kekayaan yang akan mereka bangun, sehingga mereka tertarik pada gagasan di mana mereka dapat menciptakan pendapatan sisa atau pembaharuan. Karena mereka mencari peluang yang tepat waktu, pengusaha oportunistik bisa menjadi impulsif.

-Inovator
Inovator adalah orang-orang langka yang menghasilkan ide atau produk hebat yang belum pernah terpikirkan oleh siapa pun sebelumnya. Pikirkan Thomas Edison, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg. Orang-orang ini mengerjakan apa yang mereka sukai dan menemukan peluang bisnis melalui itu.

Daripada berfokus pada uang, inovator lebih peduli pada dampak produk dan layanan mereka terhadap masyarakat. Orang-orang ini bukan yang terbaik dalam menjalankan bisnis karena mereka adalah orang-orang yang menghasilkan ide, sehingga seringkali mereka menyerahkan operasi sehari-hari kepada mereka yang lebih mampu dalam hal itu.

-Spesialis
Orang-orang ini analitis dan menghindari risiko. Mereka memiliki keterampilan yang kuat di bidang tertentu yang diperoleh melalui pendidikan atau magang. Pengusaha spesialis akan membangun bisnis mereka melalui jaringan dan rujukan, menghasilkan pertumbuhan yang lebih lambat daripada pengusaha pembangun.

4 Jenis Kewirausahaan
Karena ada berbagai jenis pengusaha, ada juga berbagai jenis bisnis yang mereka ciptakan. Di bawah ini adalah berbagai jenis kewirausahaan utama.
Bisnis kecil
Kewirausahaan usaha kecil adalah gagasan membuka usaha tanpa mengubahnya menjadi konglomerat besar atau membuka banyak rantai.

Restoran satu lokasi, satu toko kelontong, atau toko eceran untuk menjual barang-barang buatan tangan Anda semuanya akan menjadi contoh kewirausahaan usaha kecil.

Orang-orang ini biasanya menginvestasikan uang mereka sendiri dan berhasil jika bisnis mereka menghasilkan keuntungan, dari mana mereka hidup.

Mereka tidak memiliki investor luar dan hanya akan mengambil pinjaman jika membantu melanjutkan bisnis.

Startup yang Dapat Diskalakan
Ini adalah perusahaan yang memulai dengan ide unik; pikir Lembah Silikon. Harapannya adalah untuk berinovasi dengan produk atau layanan yang unik dan terus mengembangkan perusahaan, terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Jenis perusahaan ini seringkali membutuhkan investor dan modal dalam jumlah besar untuk menumbuhkan ide mereka dan menjangkau banyak pasar.

Perusahaan Besar
Kewirausahaan perusahaan besar adalah divisi bisnis baru yang dibuat dalam perusahaan yang sudah ada. Perusahaan yang ada mungkin ditempatkan dengan baik untuk bercabang ke sektor lain atau mungkin ditempatkan dengan baik untuk terlibat dalam teknologi baru.

CEO dari perusahaan-perusahaan ini meramalkan pasar baru untuk perusahaan atau individu-individu di dalam perusahaan menghasilkan ide-ide yang mereka bawa ke manajemen senior untuk memulai proses.

Kewirausahaan Sosial
Tujuan kewirausahaan sosial adalah untuk menciptakan manfaat bagi masyarakat dan umat manusia. Mereka fokus untuk membantu komunitas atau lingkungan melalui produk dan layanan mereka. Mereka tidak didorong oleh keuntungan melainkan dengan membantu dunia di sekitar mereka.

Bagaimana Menjadi Wirausahawan
Setelah pensiun dari sepatu dansa profesionalnya, Judi Sheppard Missett menjadi pengusaha dengan mengajar kelas dansa kepada warga sipil untuk mendapatkan uang tambahan.

Tetapi dia segera mengetahui bahwa wanita yang datang ke studionya kurang tertarik untuk mempelajari langkah-langkah yang tepat daripada menurunkan berat badan dan mengencangkan.

Sheppard Missett kemudian melatih instruktur untuk mengajarkan rutinitasnya kepada massa, dan lahirlah Jazzercise. Kesepakatan waralaba diikuti. Saat ini, perusahaan memiliki lebih dari 8.300 lokasi di seluruh dunia.

TERKAIT  Jumlah Migran Internasional Masuk 443,9ribu Orang, Keluar 591,4ribu orang

Mengikuti kursus korespondensi pembuatan es krim, dua pengusaha, Jerry Greenfield dan Ben Cohen menggabungkan tabungan $8.000 dengan pinjaman $4.000, menyewa pom bensin Burlington, Vt., dan membeli peralatan untuk membuat es krim rasa unik untuk pasar lokal. Saat ini, Ben & Jerry’s menghasilkan jutaan pendapatan tahunan.

Meskipun orang yang mandiri selalu menjadi sosok yang populer di masyarakat Amerika, kewirausahaan telah menjadi sangat romantis dalam beberapa dekade terakhir.

Di abad ke-21, contoh perusahaan Internet seperti Alphabet, dulunya Google (GOOG), dan Meta (META), dulunya Facebook, yang keduanya telah membuat para pendirinya menjadi sangat kaya raya, telah membuat orang terpikat dengan ide menjadi pengusaha.

Tidak seperti profesi tradisional, di mana sering kali ada jalan yang pasti untuk diikuti, jalan menuju kewirausahaan membingungkan sebagian besar orang.

Apa yang berhasil untuk satu pengusaha mungkin tidak berhasil untuk yang berikutnya dan sebaliknya.

Yang mengatakan, ada tujuh langkah umum yang diikuti sebagian besar, jika tidak semua, pengusaha sukses:

Pastikan Stabilitas Keuangan
Langkah pertama ini bukanlah persyaratan yang ketat tetapi sangat disarankan. Sementara pengusaha telah membangun bisnis yang sukses sementara secara finansial kurang (pikirkan Facebook, sekarang Meta, pendiri Mark Zuckerberg sebagai mahasiswa), memulai dengan persediaan uang tunai yang memadai dan memastikan pendanaan yang berkelanjutan hanya dapat membantu pengusaha yang bercita-cita tinggi, meningkatkan pribadi mereka.

Landasan pacu dan memberi mereka lebih banyak waktu untuk membangun bisnis yang sukses, daripada mengkhawatirkan menghasilkan uang dengan cepat.

Membangun serta Mengumpulkan Keterampilan Beragam
Begitu seseorang memiliki keuangan yang kuat, penting untuk membangun beragam keterampilan dan kemudian menerapkan keterampilan itu di dunia nyata. Keindahan dari langkah kedua adalah dapat dilakukan bersamaan dengan langkah pertama.

Membangun seperangkat keterampilan dapat dicapai melalui belajar dan mencoba tugas-tugas baru di dunia nyata. Misalnya, jika calon pengusaha memiliki latar belakang di bidang keuangan, mereka dapat beralih ke peran penjualan di perusahaan mereka yang sudah ada untuk mempelajari soft skill yang diperlukan agar sukses.

Setelah seperangkat keterampilan yang beragam dibangun, itu memberi wirausahawan alat yang dapat mereka andalkan ketika mereka dihadapkan pada situasi sulit yang tak terhindarkan.

Tidak benar bahwa jurusan kewirausahaan diperlukan untuk memulai bisnis. Orang-orang yang telah membangun bisnis yang sukses mengambil jurusan di banyak mata pelajaran yang berbeda dan hal itu dapat membuka mata Anda terhadap cara berpikir yang berbeda yang dapat membantu Anda dalam membangun bisnis Anda.

Konsumsi Konten di Beberapa Saluran
Sama pentingnya dengan membangun keahlian yang beragam, kebutuhan untuk mengonsumsi beragam konten juga sama pentingnya. Konten ini bisa berupa podcast, buku, artikel, atau ceramah.

Yang penting adalah bahwa konten, apa pun salurannya, harus bervariasi dalam cakupannya. Pengusaha yang bercita-cita tinggi harus selalu membiasakan diri dengan dunia di sekitar mereka sehingga mereka dapat melihat industri dengan perspektif baru, memberi mereka kemampuan untuk membangun bisnis di sekitar sektor tertentu.

Mengidentifikasi Masalah untuk Diselesaikan
Melalui konsumsi konten di berbagai saluran, calon wirausahawan dapat mengidentifikasi berbagai masalah untuk dipecahkan. Salah satu pepatah bisnis menyatakan bahwa produk atau layanan perusahaan perlu memecahkan masalah tertentu; baik untuk bisnis lain atau untuk kelompok konsumen.

Melalui identifikasi masalah, calon pengusaha mampu membangun bisnis seputar pemecahan masalah tersebut.

Penting untuk menggabungkan langkah ketiga dan keempat sehingga memungkinkan untuk mengidentifikasi masalah untuk dipecahkan dengan melihat berbagai industri sebagai pihak luar. Hal ini sering memberikan calon pengusaha kemampuan untuk melihat masalah yang mungkin tidak dilihat orang lain.

Selesaikan Masalah Itu
Startup yang sukses memecahkan masalah tertentu untuk perusahaan lain atau untuk publik. Ini dikenal sebagai “menambah nilai dalam masalah”. Hanya dengan menambahkan nilai pada masalah atau masalah tertentu, seorang wirausahawan menjadi sukses.

Katakanlah, misalnya, Anda mengidentifikasi proses untuk membuat janji dengan dokter gigi rumit bagi pasien, dan akibatnya dokter gigi kehilangan pelanggan. Nilainya bisa untuk membangun sistem janji temu online yang memudahkan pemesanan janji temu.

Giat Berjejaring
Sebagian besar pengusaha tidak dapat melakukannya sendiri. Dunia bisnis adalah dunia yang kejam dan mendapatkan bantuan apa pun yang Anda bisa akan selalu membantu dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai bisnis yang sukses. Jaringan sangat penting untuk setiap pengusaha baru.

Bertemu dengan orang yang tepat yang dapat mengenalkan Anda pada kontak di industri Anda, seperti pemasok yang tepat, pemodal, dan bahkan mentor dapat menjadi pembeda antara kesuksesan dan kegagalan.

Menghadiri konferensi, mengirim email dan menelepon orang-orang di industri ini, berbicara dengan saudara laki-laki teman sepupu Anda yang memiliki bisnis serupa, akan membantu Anda keluar ke dunia dan menemukan orang-orang yang dapat membimbing Anda. Begitu Anda menginjakkan kaki di pintu dengan orang yang tepat, menjalankan bisnis menjadi jauh lebih mudah.

Meniru
Setiap pengusaha perlu menjadi pemimpin dalam perusahaan mereka. Hanya melakukan persyaratan sehari-hari tidak akan membawa kesuksesan. Seorang pemimpin perlu bekerja keras, memotivasi, dan menginspirasi karyawannya untuk mencapai potensi terbaik mereka, yang akan mengarah pada kesuksesan perusahaan.

Lihatlah beberapa perusahaan terbesar dan tersukses; semuanya memiliki pemimpin yang hebat. Apple dan Steve Jobs, Bill Gates dan Microsoft, Bob Iger dan Disney, dan seterusnya. Pelajari orang-orang ini dan baca buku mereka untuk melihat bagaimana menjadi pemimpin yang hebat dan menjadi pemimpin yang dapat diikuti karyawan Anda dengan teladan yang Anda berikan.

Pembiayaan Kewirausahaan
Mengingat risiko dari usaha baru, perolehan dana modal sangat menantang, dan banyak pengusaha menghadapinya melalui bootstrapping: membiayai bisnis menggunakan metode seperti menggunakan uang mereka sendiri, menyediakan ekuitas keringat untuk mengurangi biaya tenaga kerja, meminimalkan inventaris, dan anjak piutang.

Sementara beberapa pengusaha adalah pemain tunggal yang berjuang untuk memulai bisnis kecil dengan sedikit uang, yang lain mengambil mitra yang dipersenjatai dengan akses yang lebih besar ke modal dan sumber daya lainnya.

Dalam situasi ini, perusahaan baru dapat memperoleh pembiayaan dari pemodal ventura, angel investor, hedge fund, crowdfunding, atau melalui sumber yang lebih tradisional seperti pinjaman bank.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU