spot_img

Anne Hathway dan Tokoh Berpengaruh Bahas Perempuan di Danau Toba

NINNA.ID – Artis Hollywood Anne Hathway dan tokoh terkenal seperti Ratu Yordania Rania Al-Abdullah, mantan istri Bill Gates pendiri Microsoft yakni Melinda Gates, dan tokoh terkenal lainnya akan ke Danau Toba. Tokoh berpengaruh tersebut akan menghadiri Rapat W20 pada 19-21 Juli 2022 di Parapat.

Demikian, informasi yang dikutip dari situs Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut. Sejumlah menteri luar negeri kemungkinan besar juga hadir di antaranya Menteri Luar Negeri Kanada dan Australia.

Menurut keterangan Chairwoman W20, Hardiani Uli Silalahi, ada sekitar 10 negara yang telah mengkonfirmasi kehadirannya di event W20. Tokoh-tokoh dunia ini nantinya akan berkumpul di Parapat selama tiga hari membahas isu-isu mengenai perempuan dan ekonomi.

Nama Anne Hathway muncul sebagai salah satu tamu di W20 karena kapasitasnya sebagai tokoh NGO yang fokus dengan isu perempuan. Ia pernah terpilih sebagai duta besar perempuan PBB pada 2016.

Nama Anne Hathway selama ini menonjol di dunia perfilman Hollywood. Wanita Amerika berusia 39 tahun ini terkenal berkat bakat aktingnya di sejumlah film yang ia bintangi. Salah satunya The Intern.

Melinda Gates, Ratu Yordania, Mari Pengestu merupakan deretan nama wanita yang fokus dengan isu perempuan. Tokoh-tokoh dunia direncanakan akan mengisi seminar-seminar internasional selama pertemuan W20.

Menurut rencana panitia, pertemuan W20 pada 19-21 Juli akan diselenggarakan di Danau Toba tepatnya di Hotel Niagara Parapat, Kabupaten Simalungun. Selama tiga hari agenda kerja, rencananya para tamu akan mengunjungi The Kaldera Nomadic Escape, Sibisa, Kabupaten Toba.

TERKAIT  Temukan Cintamu di Negeri Indah Kepingan Surga

General Manager Hotel Niagara Parapat, Puguh Adrianto, membenarkan adanya rencana W20 memesan 80 kamar di Hotel Niagara. Niagara saat ini bersiap untuk menerima tamu-tamu tersebut.

“Masih rencana, belum benar-benar booking. Rencana 80 kamar akan dipakai. Untuk saat ini kami mempersiapkan 4-bedroom presidential suite dan mempercantik taman-taman,” jelas Puguh saat dikonfirmasi mengenai pertemuan W20 di Parapat, Sabtu 28 Mei 2022.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Divisi Pemasaran Pariwisata Mancanegara BPODT Wahyu Dito Galih mengatakan akan ada rencana kunjungan W20 ke The Kaldera Nomadic Escape.

Event W20 di Kawasan Danau Toba merupakan event penting yang akan menyimpulkan hal apa yang akan diajukan W20 untuk deklarasi di G20 Desember nanti. Saat ini, isu prioritas W20 antara lain diskriminasi dan kesetaraan gender, inklusi ekonomi, perempuan marginal dan kesehatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Uno dalam sebuah pernyataan berharap pertemuan Grand W20 Summit 2022 berdampak terhadap pariwisata di Kawasan Danau Toba. Jika situasi membaik, katanya, Indonesia memiliki peluang mendatangkan 3,6 juta wisatawan mancanegara pada 2022.

 

Penulis   : Damayanti Sinaga
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU