AMAN Toba Edukasi tentang Politik ke Komunitas Natumingka

BERSPONSOR

Toba, NINNA.ID-Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah Toba (AMAN Toba) melakukan Pendidikan Politik Masyarakat Adat tepatnya di Komunitas Natumingka Desa Natumingka, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba pada Senin 27 November 2023.

Kegiatan ini melibatkan beberapa komunitas masyarakat adat di antaranya Natumingka, Simenakhenak, Tukonisolu, Natinggir, Janji Maria.

Edukasi politik merupakan usaha atau upaya berupa bimbingan atau pembinaan secara disengaja dan sistematis guna meningkatkan pengetahuan politik.

Pendidikan tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat mencintai dan memiliki keterikatan yang tinggi terhadap bangsa dan negara serta menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam sistem politik agar mampu berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan politik.

BERSPONSOR

Adapun tujuan dilakukannya kegiatan tersebut antara lain: Membangun pemahaman bersama tentang sejarah dan ideologi gerakan masyarakat adat.

Selain itu, membangun pemahaman pentingnya perluasan partisipasi politik masyarakat adat.

Pendidikan ini menurut AMAN Toba juga menjadi dasar bagi masyarakat adat ikut dalam pengambilan keputusan politik baik untuk politik elektoral maupun non-elektoral.

“Politik adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perumusan dan implementasi kebijakan publik pemerintah. Politik tidak semata-mata soal pemilu jadi masyarakat adat harus memiliki paham bersama tentang politik. Bahwa kebijakan dan peraturan yang diterbitkan oleh pemerintah juga praktek-praktek politik, ada bentuk politik elektoral dan juga politik non elektoral,” ujar Karto Pardosi Ketua AMAN Toba yang juga fasilitator kegiatan tersebut.

BERSPONSOR
AMAN Toba
AMAN Toba edukasi Politik (foto: istimewa)

Melalui pendidikan ini dia berharap supaya masyarakat adat lebih selektif dan aktif dalam memandang dinamika politik di Indonesia.

Demi harapan dan tujuan perjuangan bersama sudah sepatutnya kader masyarakat adat menduduki posisi politik elektoral maupun non-elektoral sebagai bentuk perluasan partisipasi politik masyarakat adat.

Roganda Simanjuntak sebagai Pengurus Harian AMAN Tano Batak periode (2011-2016 dan 2016-2021) dalam kegiatan ini berperan sebagai narasumber dengan membawakan tema tentang Sejarah dan Ideologi Gerakan Masyarakat Adat.

TERKAIT  Link Nonton Film Game of Thrones Full HD Bioskop Trans TV

Dalam sesi pemaparan materi ia menjelaskan,”Merujuk ke sejarah dan perjuangan masyarakat adat mulai dari adanya perang padri kemudian melawan kolonial belanda yang menjajah indonesia, dimana belanda ketika itu melakukan gerakan penghancuran pranata sosial masyarakat adat secara khusus orang Batak. Melalui tokoh batak dan pemuda saat itu sudah melakukan perjuangan untuk melawan bentuk penjajahan yang ada. Bentuk perjuangan tersebut merupakan bagian dari politik untuk memperjuangkan dan mempertahankan hak-hak masyarakt adat.”

- Advertisement -

 

Dengan sejarah singkat itu beliau berharap untuk masyarakat adat yang saat ini sedang memperjuangkan haknya supaya lebih selektif dan terlibat aktif dalam pengambilan keputusan politik baik untuk politik eleltoral maupun non-elektoral.

Sebagai Ketua Komunitas Natumingka dan tuan rumah untuk kegiatan Natal, Roganda Simanjuntak juga berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat adat lebih paham tentang politik dan kebijakan pemerintah.

“Kami sebagai masyarakat adat sebelumnya masih banyak yang tidak perduli dengan keberadaan politik termasuk kebijakan pemerintah. Bertambahnya wawasan melalui kegiatan ini mudah-mudahan seluruh masyarakat adat lebih mementingkah politik dan kebijakan tersebut, termasuk dalam politik pemilu sudah saatnya komunitas masyarakat adat bersatu menentukan perutusan politiknya sebagai bentuk partisipasi politik dan kebijakan demi tujuan bersama untuk pengakuan dan perlindungan hak-hak masyarakat adat.” jelasnya.

Dengan antusias masyarakat adat kegiatan berlangsung dengan baik dan menarik.

Tidak seorang pun terlewa. Dalam proses untuk memberikan saran maupun tanggapan ditengan diskusi.

Sebagai harapan bersama semoga kegiatan dan ilmu yang dibahas secara bersama menjadi bekal dalam berpolitik baik bagi komunitas masyarakat adat di Kabupaten Toba.

Press release dari AMAN Toba
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU