spot_img

Air Terjun Sitakka Dikenal Angker di Pinggiran Tarutung

TAPUT – Berwisata air terjun di kawasan Danau Toba seolah tak ada habisnya. Dari yang tertinggi, terindah, terunik hingga yang konon terangker. Termasuk Air Terjun Sitakka di pinggirian Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara ini.

Letaknya berada di tepi ruas jalan besar Tarutung- Sibolga. Memiliki tinggi sekira 30 meter. Air terjun ini, pernah dikenal angker oleh warga sekitar. Namun saat ini, air terjun itu malah sudah mulai digandrungi, sebagai salah satu alternaif beriwisata lokal, khususnya bagi warga Tarutung. Air terjun ini merupakan objek wisata pertama yang langsung terlihat jika hendak menuju Kota Sibolga dari Kota Tarutung.

Setelah melewati pusat perkantoran HKBP di Pearaja dan pusat pembuatan Kacang Sihobuk, maka air terjun  ini akan memanjakan mata, hempasan airnya yang membasahi hingga badan jalan, membuat sekitarnya bertambah sejuk.

Meski airnya tidak terlalu jernih, karena memang berasal dari aliran persawahan di atasnya, namun air terjun ini merupakan salah satu air yang menambah debit hilir sungai Aek Sigeaon yang terkenal membelah Kota Tarutung.

Tekanan airnya pernah dijadikan pemutar turbin di masa Orde Baru. Namun karena banyaknya pembukaan persawahan dan perladangan, alirannya pun mulai menyusut.

TERKAIT  Kasean MPU BADA, Tempat Bersantai di Tengah Kota Salak

Pernah juga ada larangan mendekati Air Terjun Sitakka ini, karena dianggap berpenunggu. Akibatnya, tidak banyak yang berani bermain di sekitarnya untuk menikmati hembasan air terjun ini. Kondisi itu membuat air terjun tak terawat, membuat pelintas maupun warga sekitar tidak tertarik untuk mendekat.

Namun, situasi sudah berbeda saat ini. Air Terjun Sitakka sudah dibenahi dan sudah disediakan tempat untuk bersantai. Meski tidak terlalu mewah, namun para pelintas sudah mulai singgah untuk menikmati hempasan Air Terjun Sitakka.

Nah bro dan sista ninnA, ayo tunggu apa lagi. Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Jika melintas dari Kota Tarutung menuju Sibolga, singgahi dan lihat Air Terjun Sitakka. Jangan lupa juga sambil menikmati renyah dan gurihnya kacang Sihobuk. Jika waktu masih memungkinkan, melihat-lihat suasana Kantor Pusat HKBP di Pearaja, yang tidak jauh dari situ, pasti akan membuat liburanmu lebih berarti.

 

Penulis    : Jogi S
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU