spot_img

Air Terjun Sipitu-pitu Bertingkat Tujuh yang Mengagumkan

PAKPAK BHARAT – Kabupaten Pakpak Bharat di Provinsi Sumatra Utara dikenal memiliki beberapa destinasi wisata air terjun yang cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Air Terjun Sipitu-pitu. Air terjun ini memiliki tumpahan air sampai tujuh tingkat.

Air terjun unik ini berada di Desa Mungkur Kecamatan Siempat Rube. Jarak objek wisata air terjun ini dari Kota Salak Ibukota Kabupaten Pakpak Bharat, kurang lebih sekitar 10 kilometer.

Letak air terjun Sipitu-pitu dikeliling hutan yang  masih asri. Udara di kawasan air terjun ini sangat sejuk, membuat pengunjung semakin betah bersantai di tempat ini.

Jika sedang melakukan traveling ke Kabupaten Pakpak Bharat, sangat disayangkan jika melewatkan momen bersama kekasih, teman atau keluarga di air terjun ini.

Seorang wisatawan lokal, Sri Bru Bancin kepada NINNA.ID mengatakan, walau sudah beberapa kali ke air terjun Sipitu-pitu tetap tidak ada bosannya. Di lokasi air terjun itu, kata dia, suasana hati terasa tentram.

Sipitu pitu
Tampak tumpahan air terjun Sipitu-pitu yang bertingkat-tingkat.(Foto:lastro)

“Air terjun ini cukup indah bang, karena berbeda dari air terjun lainnya yang memiliki tujuh tingkat.,” kata Sri dengan berbahasa Pakpak, kemarin.

TERKAIT  Pantai Pakkodian, Tempat Memancing Hingga Relaksasi

Selain wisatawan lokal, air terjun Sipitu-pitu sudah  menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi warga Medan dan dari Kabupaten Dairi. Mereka kagum melihat keunikan air terjun tujuh tingkat di Kabupaten Pakpak Bharat itu.

Selain menikmati keunikan air terjun, suasana hutan sekitarnya juga menjadi suguhan yang tidak bisa setiap hari dinikmati, apalagi oleh pengunjung yang berasal dari kota. Berwisata tak perlu jauh-jauh ke luar Sumatera Utara, datang saja ke Pakpak Bharat, penat sepekan bekerja dapat dipulihkan di sini.

Bagi yang berencana berwisata ke air terjun ini bisa mengendarai roda dua atau roda empat. Namun kurang lebih sekitar 200 Meter, pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi air terjun.

Jalan yang dilalui untuk berjalan kaki juga tidak perlu dikhawatirkan. Tidak ada trek jalan yang ekstrem menuju lokasi air terjun Sipitu-pitu.

 

Penulis    : Lastro Banurea
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU