spot_img

Air Terjun Sipiso-piso, Ikon Wisata Tanah Karo

KARO – Selain jeruk dan markisa, Tanah Karo sering dingat begitu menyebut destinasi wisata yang satu ini. Betul, Air Terjun Sipiso-piso, yang menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Karo. Para traveler di Sumatera Utara, pasti tak asing lagi dengan air terjun ini.

Popularita air terjun ini masih yang teratas di Sumatera Utara. Walau beberapa destinasi serupa, mulai dikenal seperti Air Terjun Efrata di Samosir dan Air Terjun Situmurun di Toba.

Jika Air Terjun Efrata ada di tengah hutan dan Situmurun langsung ke Danau Toba, Sipiso-piso tampaknya memiliki keduanya. Maksudnya, dengan mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso di kawasan yang masih asri ini, traveler masih bisa menikmati indahnya Danau Toba.

Jika dilihat secara administratif kewilayahan, air terjun ini masuk ke dalam Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Dari referensi yang didapat, air terjun Sipiso-piso ini masuk ke dalam 10 daftar air terjun tertinggi di Indonesia.

Menduduki peringkat ketujuh, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dengan kondisi air yang mengucur deras membentuk garis vertikal.

TERKAIT  Puncak Siosar, Dulu Kamp Pengungsian Kini Destinasi Wisata

Untuk nama air terjun ini, diambil dari nama Gunung Sipiso-piso yang berada di sisi Timur air terjun. Sumber air yang mengalir ke bibir dinding air terjun, datang dari aliran sungai Pajanabolon.

Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, membuat air terjun ini semakin memiliki pemandian yang eksotis dan sangat memanjakan mata.

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang biasanya pemandangannya hanya bisa dinikmati dari bagian bawah, untuk air terjun di Kabupaten Karo ini, bisa dinikmati dari dua sisi atas dan bawah.

Namun, bagi traveler yang ingin menikmati pemandangan air terjun dari dekat, harus sedikit berpetualang. Traveler harus menaklukkan sekitar 500 anak tangga ke bawah.

Untuk waktu tempuh sendiri, bisa menghabiskan waktu selama kurang lebih hampir satu jam. Namun, jika sudah berada di bawah dan mendekati air terjun ini rasa lelah terbayarkan dengan sejuknya percikan air dan pemandangan yang indah.

 

Sumber  : tribun.com
Editor      : Mahadi Sitanggang

Artikel ini telah tayang di TribunTravel.com https://travel.tribunnews.com/2021/11/09/berburu-senja-di-air-terjun-sipiso-piso-bisa-menyaksikan-keindahan-danau-toba-dari-ketinggian.

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU