spot_img

Air Terjun Sikoning di Tepi Rimba Pakpak Bharat

PAKPAK BHARAT – Kondisi geografis Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara yang berbukit-bukit di dataran tinggi, menjadikannya sumber titik-titik air terjun. Ada banyak air terjun eksotis bisa dijumpai di daerah ini, salah satunya air terjun Sikoning.

Nama dan tempat Sikoning memang belum sepopuler air terjun yang lain, seperti air terjun Simbilulu di Desa Pronggil, Lae Une di Desa Kecupak 1, Sipitu-pitu di Kecamatan Siempat Rube dan Singgabit di Desa Mahala. Di tengah masyarakat Pakpak Bharat pun belum merakyat, sehingga masih jarang dikunjungi.

Lokasi air terjun Sikoning ini tepatnya di kawasan Desa Sibongkaras, Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat. Tinggi air terjun mencapai 50 meter dan masih di kawasan hutan rimba, menjadi salah satu  kelebihannya. Benar-benar eksotis, enak dipandang mata.

Udara yang sejuk, pemandangan alam yang masih alami dan asri, pastinya akan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati pesona alam lainnya yang ada di air terjun ini. Suara kicauan burung dan hewan liar lainnya, menambah rasa penasaran.

Mandang Berutu salah satu wisatawan lokal yang pernah mengunjungi air terjun Sikoning, kepada NINNA.ID,  mengaku sangat terpukau dengan keindahan air terjun itu.

TERKAIT  Sunset Beach Lumban Gaol Tawarkan Taman Miniatur

“Air terjun Sikoning ini tidak kalah menarik dari objek wisata air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Papak Bharat. Selain di lokasi itu udaranya sangat sejuk, kita akan menikmati pemandangan hutan yang masih asri,” kata Berutu.

Bila berniat berwisata ke lokasi air terjun Sikoning ini, pastikan anda sedang dalam kondisi yang prima ya. Waktu tempuh dari Kota Salak lumayanlah, sekitar 3 sampai 4 jam.

Saat ini, kelompok pecinta alam memang lebih direkomendasikan datang ke sini. Masih ada ruas jalan sepanjang 8 kilometer yang sama sekali belum disentuh pembangunan pemerintah.

Kendaraan ke lokasi ini juga disarankan harus mobil penggerak ganda atau gardan dua. Jangan lupa untuk membawa bekal, karena tidak akan ada penjual makanan dan minuman di lokasi air terjun Sikoning.

 

Penulis : Lastro Banurea
Editor    : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU