spot_img

Air Terjun Raja Mengampu Lae Kelebaren, Lubuknya Ikan Jurung

PAKPAK BHARAT – Bicara soal destinasi wisata air terjun dari daerah Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara seakan tidak pernah habis. Banyak kisah menarik dan kegiatan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke air terjun di Pakpak Bharat. Salah satunya di Air Terjun Raja Mengampu Lae Kelebaren.

Air terjun yang satu ini memang belum santer terdengar di tengah-tengah masyarakat dibanding dengan Air Terjun Simbilulu, Lae Une, Sipitu-pitu, Singgabit serta yang lainnya.

Air terjun ini dikenal warga setempat dengan nama Sampuren Raja Mengampu Lae Kelebaren. Sampuren dalam bahasa Pakpak artinya air terjun.  Lokasinya berada di Desa Napatalun Perlambuken, Kecamatan Pagindar.

Hermanto B Manalu warga Desa Cikaok,  Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu yang pernah mengunjungi Air Terjun Raja Mengampu Lae Kelebaren itu mengaku sangat terpesona dengan keindahan di sana.

Menurutnya, air terjun Lae Kelebaren ini memiliki ketinggian hampir sama dengan air terjun Simbilulu, kurang lebih sekitar 40 meter. Airnya juga jernih, udaranya di lokasi terasa sangat sejuk dengan panorama yang juga masih alami dan asri.

Di balik keindahan dan tempat yang masih alami karena masih jarang dijamah manusia, di kawasan air terjun Lae Klebaren tersebut bisa juga dikatakan lubuknya ikan jurung atau dalam bahasa Pakpak dikenal dengan nama ikan Batang Lae.

TERKAIT  Jembatan Ajibata Ikon Wisata Baru di Toba

Darto, seorang pengunjung yang pernah ke sana mengatakan ada keasyikan tersendiri yang tidak ditemukan di air terjun lain, karena selain mandi-mandi, pengunjung di sana dapat memancing ikan jurung yang banyak ditemukan, seolah kawasan air terjun itu sebagai habitat aslinya.

Jika bro dan sista ninnA tertarik mengunjungi air terjun ini, yuk singgahi Kecamatan Pagindar. Jika sudah sampai di Kantor Camat Pagindar, sekitar 10 Menit perjalanan lagi untuk sampai ke tempat parkir kendaraan. Namun dari tempat parkir kendaraan, masih butuh waktu sekitar 1 jam berjalan kaki melewati jalan setapak agar sampai ke lokasi air terjun.

Meskipun harus melakukan perjalanan yang lumayan, tapi rasa capek diperjalan akan terbayar lunas setelah sampai di lokasi Air Terjun Raja Mengampu Lae Kelebaren yang alami dan asri tersebut. Di mana lagi bisa menikmati serunya mandi air terjun dan pulang membawa ikan jurung?

 

Penulis     : Lastro Banurea
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU