spot_img

Air Terjun Mbilulu, Si Kembar yang Memesona

PAKPAK BHARAT – Keindahan air terjun di Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara memang tidak pernah pudar. Dari setiap air terjun pasti memiliki keunikan tertentu yang membuatnya semakin memesona. Salah satunya Air Terjun Lae Mbilulu.

Air Terjun ini terletak di Desa Pronggil Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Air terjun yang satu ini memiliki keunikan, yaitu memiliki air terjun dua aliran dengan tinggi sekitar 40 meter. Banyak wisatawan menjuluki air terjun Lae Mbilulu ini, air terjun “Kembar” karena dua aliran tersebut.

“Keindahan air terjun Lae Mbilulu ini berbeda dengan air terjun lainnya. Air terjun ini terlihat unik, yaitu memiliki dua aliran air terjun. Kalau sudah berkunjung ke objek wisata ini, berat rasanya untuk melangkahkan kaki beranjak dari sini,” ungkap P Banurea salah seorang traveler di air terjun Lae Mbilulu saat berbincang dengan ninnA.id baru-baru ini.

Di lokasi air terjun ini telah tersedia beberapa fasilitas untuk menyambut traveler. Di antaranya gazebo, lokasi parkir, kursi, rumah ibadah, boardwalk, panggung kesenian, toilet, gedung informasi, tempat kuliner dan kios cenderamata.

Air Terjun Mbilulu 1
Salah satu spot foto bertulisan Mbilulu dengan latar belakang air terjun.(Foto:lastro)

Bagi traveler yang gemar berselfie,  di lokasi air terjun ini cukup banyak spot menarik dengan dengan latar air terjun Mbilulu untuk diabadikan.

TERKAIT  Aek Situmandi, Menantang Nyali Pecinta Arung Jeram

Untuk tiket masuk ke air terjun Lae Mbilulu ini sangat murah. Cukup membayar tiket masuk Rp 2000 per orang dan jika membawa kendaraan roda dua  traveler hanya membayar uang parkir Rp1000 dan Rp 2000 untuk roda empat.

Bagi bro dan sista saat ingin traveling ke Kabupaten Pakpak Bharat, sangat disayangkan jika tidak mengunjungi objek wisata air terjun Lae Mbilulu yang letaknya berada di Desa Pronggil.

Jarak Air Terjun Lae Mbilulu dari Kota Salak, kurang lebih hanya sekitar 12 kilometer dengan waktu tempuh diperkirakan hanya 30 menit.

Sesampainya di Desa Pronggil, para traveler masih harus melewati jalan setapak untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Namun jangan khawatir, karena saat ini kondisi jalan setapak menuju ke lokasi Air Terjun Lae Mbilulu sudah cukup memadai.

Meskipun harus melalui perjalanan yang tidak mudah, namun semuanya akan terbayar lunas ketika sampai di lokasi Air Terjun Lae Mbilulu, si kembar yang memesona.

 

Penulis   : Lastro
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU