spot_img

Air Terjun Bidadari di Toba yang Menghipnotis

NINNA.ID – TOBA | Tidak banyak yang tahu jika di dekat  air terjun Situmurun Kabupaten Toba ada beberapa spot wisata yang tak kalah menarik dan akan mengundang decak kagum pengunjung. Salah satunya, air terjun Bidadari yang berada tidak jauh dari air terjun Situmurun.

terjun ini berada di salah satu lembah bukit di Desa Jonggi Nihuta, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba.

Konon, penamaan air terjun Bidadari ini atas kesaksian warga yang melihat pelangi di seputaran air terjun. Terbentuknya pelangi itu terjadi saat sinar matahari menembus dari celah-celah pepohonan sekitar air terjun.

Air terjun Bidadari yang konon pernah menghipnotis warga dengan penampakan bidadari mandi.(Foto/Asmon Pardede)

Kilauan cahaya warna warni itu seolah menciptakan hologram bidadari yang sedang mandi di bawah pelangi. Warga yang kebetulan melihat, mengaku seolah terhipnotis dengan moment unik itu. Sejak peristiwa itulah, Bidadari disematkan menjadi nama air terjun eksotis itu.

Baca juga :Menikmati Keindahan Alam dari Rumah Pohon di Desa Tarabunga

Terjun bebas dari ketinggian sekira 30 meter dengan debit yang tidak begitu besar,  tumpahan airnya nyaman untuk mandi sembari terapi pijat punggung dan kepala.

TERKAIT  Menikmati Surga dan Belajar Budaya di Danau Toba

Akses menuju lokasi hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Desa Jonggi Nihuta  selama lebih kurang 30 menit. Dimulai dari Balige bergerak ke arah kota Parapat. Sesampainya di Lumbanjulu belok kiri menuju Desa Jonggi Nihuta. Selain itu, juga bisa dipandu oleh google maps.

Keindahan air terjun ini kerap menjadi perbincangan warganet. Mereka sangat berharap  agar akses jalan setapak menghubungan air terjun Situmurun dengan air terjun Bidadari segera dibangun oleh pemerintah setempat.

Selain air terjun di Kabupaten Toba ini, masih banyak dijumpai air terjun lain di kawasan Danatu Toba. Ada air terjun Sipiso-piso di Tanah Karo dan air terjun Efrata di Kabupaten Samosir. Semua air terjun itu punya kisah masing-masing yang menambah wawasan kita saat pergi ke sana. Ayo kita jelajah.

Penulis        : Asmon Pardede

Editor          : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU