spot_img

Air Soda Tarutung Dipercaya Dapat Melembutkan Kulit

TAPUT – Hanya ada dua tempat seperti ini di dunia, satu di Venezuela dan satu lagi di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Di Sumatera Utara, tempat ini dikenal dengan nama Pemandian Air Soda Tarutung.

Keunikan air soda ini menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga sangat rugi rasanya, jika tidak singgah ke tempat ini, jika sudah sampai di Kota Tarutung.

Salah satu keunikannya, seperti namanya dikenal, air di pemandian ini mengandung soda. Dari dasar kolam, muncul gelembung-gelembung air dan pecah begitu sampai ke permukaan.

Lokasi air soda ini dibangun sejak tahun 1976, oleh sorang bidan bernama Minar Sihite.

Suatu malam, kata Minar, dalam mimpinya didatangi oleh Sahala Oppung (arwah) yang berpesan, dia diberikan wasiat untuk mengembangkan tempat itu.

Tidak menunggu lama, Minar Sihite, mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk memulai membangun tempat itu. Pertama, dia mempersiapkan tujuh pohul itak (lampet) yang dibungkus daun pisang, sebagai persembahan untuk permisi kepada pengisi alam saat itu.

Melalui usahanya kala itu, maka saat ini terbentuklah pemandian air soda yang ramai didatangi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.

Tempat ini pernah tidak efektif digunakan, karena tertimpa tanah longsor pada 29 April 1989. Tanpa ada campur tangan dari pemerintah setempat, Minar memperbaiki kerusakan saat itu, dan membangun kembali pemandian air soda hingga sekarang.

Tidak mudah bagi Minar dalam mewujudkan pesan Sahala Oppung tadi. Dia menghadapi rintangan serta larangan dari pemerintah setempat maupun dari masyarakat sekitar yang mengklaim lokasi itu milik warisan dari marga-marga tertentu.

TERKAIT  Berburu Foto Bak Fotographer dan Model di Uruk Simantas

Namun, bidan Minar Sihite tetap mempertahankan serta mengembangkan tempat itu, hingga menjadi objek wisata yang terkenal dari Tapanuli Utara sampai saat ini.

Menuju ke tempat ini tidak sulit. Jaraknya hanya satu kilometer dari pusat kota Tarutung. Masuk ke lokasi air soda tidak dikenakan biaya alias gratis. Wisatawan yang datang hanya mengeluarkan biaya bila memakai ban yang disediakan di sana. Harganya juga sangat murah, hanya Rp 5000.

Di lokasi air soda juga tersedia makanan dan minuman dengan harga yang juga terjangkau. Tidak hanya itu, di sana juga ada menjual pakaian yang berlogo AIR SODA. Cocok untuk kenang-kenangan atau oleh-oleh kepada saudara atau teman.

Selain dikenal dan sering dikunjungi masyarakat Sesumatera Utara, pemandian air soda dilirik wisatawan asing sebagai tujuan wisata di kawasan Tapanuli.

Oh ya, selain memiliki gelembung-gelembung, ciri lain air soda ini, warnanya kemerah-merahan. Itulah sebabnya, warga sekitar juga menyebut tempat ini dengan Aek Rara (Air Merah) Tarutung.

Bila kita mandi di air soda, maka badan kita akan berbusa dan mata kita akan perih jika terkena percikan air nya. Tapi tak usah khawatir, air ini tidak merusak mata ataupun kulit kita. Bahkan banyak mengakui, selepas mandi air soda, kulit terasa halus dan badan terasa ringan.

Yuk bro dan sista ninnA.id, luangkan waktu mandi-mandi ke air soda Tarutung. Kapan lagi memanjakan tubuh dan kulit dengan biaya cukup murah?

 

Penulis  : Eka Hutabarat
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU