spot_img

Air Panas Ugan, Ide Kolonial Belanda yang Hangat Menyegarkan

TAPUT – Kabupaten Tapanuli Utara bisa dikatakan daerah wisata mandi air panas alami. Di daerah ini ada pemandian air panas Sipoholon dan Hutabarat, yang sudah cukup dikenal. Selain kedua tempat ini, saatnya ninnA mengajak menikmati air panas Ugan, yang hangat menyegarkan.

Lokasi air panas ini ada di pinggiran Kota Tarutung. Hanya butuh 15 menit berkendara di jalan lintas menuju Kota Sibolga, melewati markas TNI AD di Lapo Gambiri, kita sudah sampai di Ugan.

Tidak ada yang tahu kenapa pemandian air panas ini dinamai Ugan. Hanya saja, sudah lama warga sekitar menyebutnya demikian. “Beta mandi tu Ugan”.

Kalimat itu sangat familiar di tengah warga sekitar, bahkan bagi warga di Kota Tarutung jika ingin menikmati air hangat di tempat ini.

Tidak seperti air panas Sipoholon dan Hutabarat,  suhu air di Ugan tidak terlalu panas. Suhunya hangat. Sangat cocok untuk lansia, anak-anak bahkan bisa untuk memandikan balita. Airnya keluar dari pancuran, dan dikabarkan belum pernah kering.

Untuk menjamin kenyamanan, di pemandian Ugan sudah dibangun dinding pemisah antara wanita dan pria. Hanya saja, saat ini kondisinya kurang terawat. Jika lokasi ini ditata lebih baik lagi, bukan tidak mungkin akan lebih banyak pengunjung yang datang, dan sekitar lokasi jadi rest area bagi para pelintas dari dan menuju Sibolga. Masyarakat sekitarpun terbantu membuka usaha pendukung.

Dari warga sekitar diketahui, bangunan pemandian Ugan itu dirancang di era Kolonial Belanda.

Para prajurit Belanda dulunya mencari mata air panas ke dalam kawasan hutan di atas pemandian Ugan, dan membangun salurannya agar dapat digunakan oleh prajurit hingga warga sekitar.

TERKAIT  Sapo Juma dan Jabu Ertuah Taman Estetik di Sumut

Untuk menikmati air pancuran Ugan yang hangat menyegarkan ini, belum diberlakukan tiket atau karcis masuk. Namun selesai mandi, ada makanan dan minuman disajikan oleh warga sekitarnya. Sebaiknya, kita membeli walau tidak ada paksaan.

Jika bro dan sista ninnA sedang melintas menuju atau dari Sibolga, luangkan waktu menikmati hangatnya air panas Ugan ini. Dijamin segar lho.

 

Penulis   : Jogi S
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU