spot_img

Aek Sipaulak Hosa, Bukti Kesaktian Raja Silahisabungan

DAIRISilalahi bukan hanya tentang Danau Toba. Ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa bro dan sista kunjungi. Salah satunya adalah Aek Sipaulak Hosa.

Aek dalam bahasa Batak disebut air, Sipaulak Hosa artinya pengembali nafas atau pelepas dahaga. Aek Sipaulak Hosa ini terdapat di daerah perbukitan, Desa Silalahi I, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Jika bertolak dari Sidikalang, maka waktu tempuh yang bro dan sista akan habiskan kurang lebih 1 jam 30 menit dengan jarak tempuh 32 kilometer.

Kisah di sekitar tempat itu memercayai, sejarah terjadinya Aek Sipaulak Hosa ini adalah akibat permohonan Raja Silahi Sabungan kepada Debata Mula Jadi Nabolon (Tuhan versi orang suku Batak kuno) karena istri keduanya, Pinggan Matio Br Padang Batanghari merasa lelah seakan kehabisan tenaga di tengah perjalanan saat bersama Raja Silahisabungan.

Saat itu, Raja Silahisabungan menancapkan tongkatnya ke sebuah batu besar dan seketika batu itu mengeluarkan mata air.

Saat bro dan sista ingin berkunjung ke Aek Sipaulak Hosa, tidak perlu khawatir karena tidak ada biaya retribusi masuk. Namun sebelum masuk bro dan sista perlu memerhatikan beberapa aturan lokal yang berlaku dikarenakan tempatnya dianggap sakral oleh masyarakat setempat.

Aek Sipaulak Hosa 2
Mandi di Aek Sipaulak Hosa menggunakan jeruk purut pengganti sabun.(foto:josua siburian)

Beberapa aturan yang berlaku di sana: dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam lokasi Aek Sipaulak Hosa, dilarang mengenakan aksesoris di luar budaya Batak Toba. Bahkan pemakaian ulos pun hanya boleh diselempangkan tidak boleh dililit di kepala.

TERKAIT  Toba Fantasi Labersa yang Baru dan Seru di Danau Toba

Tidak hanya sampai di situ, bro dan sista juga dilarang untuk membawa makanan mengandung daging babi dan daging anjing, dan yang paling utama harus menjaga etika berbicara dan berperilaku sopan selama di area Aek Sipaulak Hosa.

Jam operasional pada objek wisata Aek Sipaulak Hosa ini dimulai pukul 08.30 WIB sampai 18.30 WIB. Jikalau bro dan sista berencana ingin mandi di Aek Sipaulak Hosa ini, jangan lupa untuk membawa utte jungga atau jeruk purut karena pengunjung hanya diperbolehkan mandi menggunakan jeruk purut sebagai pengganti sabun.

Tidak jarang juga pengunjung membawa wadah untuk menyimpan air dari Aek Sipaulak Hosa ini karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Saat ini pengelola dari Aek Sipaulak Hosa ini adalah Pinompar (keturunan) Raja Silahisabungan.

Jadi, saat bro dan sista berencana untuk berkunjung ke Silalahi, Aek Sipaulak Hosa tidak boleh terlewatkan dalam wish-list perjalanan bro dan sista.

Di saat lelah berwisata di kawasan wisata Silalahi, Aek Sipaulak Hosa bisa menjadi solusi untuk melepaskan lelah. Menikmati keindahan alam Silalahi berpadu dengan kesegaran air Aek Sipaulak Hosa akan memberikan pengalaman berwisata yang tidak biasa.

 

Penulis : Ananda Josua Siburian
Editor    : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU