spot_img

Aek Natonang Danau di Atas Danau di Pulau Samosir

SAMOSIRAek dalam bahasa Batak artinya air. Natonang artinya tenang. Aek Natonang artinya air yang tenang. Sesuai dengan namanya, air ini memang tenang. Tempat ini dikenal dengan Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Sumatera Utara.

Kalau Pulau Samosir dikatakan sebagai pulau di atas pulau, makan danau ini disebut danau di atas danau. Maksudnya, di atas Danau Toba yang mengelilingi Samosir terdapat danau kecil yang dinamai Aek Natonang. Ada dua danau yang seperti ini. Satu lagi bernama Sidihoni di Kecamatan Ronggurni Huta.

Airnya yang tenang dan pemandangan yang asri bikin betah berlama-lama di sini, terlebih jika menatap di sore hari. Beberapa informasi yang didapat, lokasi ini akan dikembangkan untuk jadi objek wisata Kebun Raya Bunga. Tapi sampai saat ini, informasi adanya kebun itu belum terdengar. Semoga saja suatu saat nanti terwujud.

Di sekitar danau merupakan perkampungan dengan sejumlah rumah Batak. Menuju danau, ditandai dengan bangunan gereja. Ternak warga seperti kebau dan babi masih bebas bekeliaran. Maklum saja, ternak-ternak ini merupakan sumber penghasilan warga di sana.

Kawasan Aek Natonang merupakan destinasi wisata alam yang gratis.

Pernah di tahun 2020, ada sejumlah kuda terlihat di kawasan ini. Menurut warga setempat, kuda-kuda itu ditujukan untuk persiapan pengembangan objek wisata Aek Natonang.

TERKAIT  Semenanjung Parapat, Tikar dan Bung Karno

Walau termasuk jauh dari pusat keramaian seperti dari Pelabuhan Tomok atau Kota Pangururan, di hari libur, sesekali pedagang keliling juga menyambangi tempat ini. Aek Natonang juga sangat dekat ke salah spot berfoto, yakni Pemandangan Tanjungan.

Seperti kata pribahasa, sekali mendayung 2 atau 3 pulau terlampaui, maka jika sampai di Desa Tanjungan, kita mendapatkan dua spot wisata sekaligus.

Aek Natonang bisa ditempuh  dari Pelabuhan Tomok.  Sesampainya di pelabuhan, ambil rute ke kiri menuju Huta Bolon atau Air Terjun Sigarantung. Naik terus kira-kira satu jam menuju puncak, nanti bisa bertanya kepada masyarakat setempat arah Desa Tanjungan. Masyarakat  yang selalu ramah, dengan detail akan mengarahkan rute.

Walau tidak diwajibkan, tapi perlu juga belajar sapaan umum agar terkesan lebih akrab dengan warga setempat. Jika bertemu seorang pria sapalah dengan ”Horas Amang” dan jika bertemu wanita sapa dia dengan”Horas Inang”. Lalu tanyakan di mana lokasi Tanjungan.

Selamat menikmati touring dan nikmati indahnya pemandangan Aek Natonang ya. Jangan lupa jaga sopan santun dan jangan buang sampah sembarangan. Be a good guest guys!

 

Penulis   : Damayanti
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU