spot_img

Aek Haidupan, Penopang  Kebutuhan Dasar Menjadi Tempat Rekreasi

TAPUT – Aek Haidupan atau air kehidupan di sudut Kota Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara, selama dikenal sebagai sumber air yang relatif biasa. Disebut pun air kehidupan karena air itu digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Namun belakangan, lokasi hulu Aek Haidupan ini menjadi salah satu tempat untuk berekreasi.

Tempat ini dikelilingi alam yang indah. Hutan kecil dengan rerumputan hijau membuat aliran Aek Haidupan seperti cerita dalam dongeng. Suasana di sana hening, hanya terdengar suara gemericik, airnya sangat bening, jelas mengekspose bebatuan dasarnya.

Lokasinya berada di Desa Sirajaoloan, Kecamatan Tarutung. Berjarak sekira 7 kilometer dari titik nol Kota Tarutung dengan melewati jalan berliku. Sumber airnya dari kumpulan mata air hutan yang menyatu dan mengalir di antara persawahan dan rumah penduduk, khususnya warga Sirajaoloan dan Desa Simamora, Kecamatan Tarutung. Aliran air berakhir ke Sungai Sigeaon.

“Aek ini bersumber dari berbagai mata air hutan yang menyatu dan mengalir. Air ini sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya dan digunakan untuk kehidupan seperti memasak dan mencuci,” ujar Husor Simamora kepada NINNA.ID, kemarin.

TERKAIT  Promo Wisata Garuda ke Danau Toba

Seiring dengan berjalannya waktu, air dari tempat ini tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sekarang tempat ini  menjadi tujuan wisata alam lokal sebagai tempat rekreasi sambil menikmati udara segar, baik itu pagi maupun sore hari. Sembari joging pagi atau sore, lalu membasuh wajah di Aek Haidupan.

“Saya pagi dan sore hari sering pergi bermain menikmati suasana ke Aek Haidupan sambil menikmati keindahan alam. Aku suka datang kemari, sekalian mengenang masa kecil ku saat tempat ini bagian dari tempat bermain bersama kawan-kawan,”ujar Marudut Nainggolan warga Desa Hutagalung.

Marudut menambahkan, Aek Haidupan tetap berfungsi seperti sedia kala. Hanya saja, di masa pandemi saat ini dan semakin ramahnya teknologi cepat dan murah melalu jagad maya, tempat ini memiliki nilai tambah. Lokasi ini semakin sering dicari dan didatangi orang untuk sekedar berfoto atau membuktikan masih bersihnya sumber Aek Haidupan ini.

 

Penulis : Billy S
Editor    : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU