spot_img

Adian Nalambok Buktikan Teduhnya Dataran Tinggi Toba

NINNA.ID – TOBA | Adian Nalambok merupakan destinasi wisata perteduhan yang sejuk. Kawasan ini merupakan lokasi berteduh yang menyajikan indahnya panorama Danau Toba dari sisi berbeda. Dari lokasi yang relatif sempit ini, pengunjung dapat melihat Danau Toba  lebih luas.

Adian Nalambok di Desa Gurgur Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba ini berada antara Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbahas. Lokasinya berada pada dataran tinggi yang diapit oleh dua bukit yang sangat hijau.

Pandangan pengunjung akan fokus pada hamparan persawahan yang berada di tepi Danau Toba. Karena keunikan viewnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengesahkan lokasi ini sebagai destinasi pariwisata.

Lokasi ini merupakan pintu masuk Kabupaten Toba bagi pengunjung yang datang dari arah Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Sebagai pintu masuk, lokasi ini sangat strategis sebagai titik rest area.

Nama Adian Nalambok menarasikan tempat istirahat yang teduh. Nama itu sesuai dengan suasana di sana. Menyenangkan hati pengunjung hingga betah berlama-lama.

Adian Nalambok diketahui oleh Menteri Sandiaga Uno ketika akan melakukan perjalanan dari daerah Toba menuju Jakarta melalui Bandara Silangit.  Namun, jauh sebelum dipopulerkan oleh Menteri Sandiaga Uno, tempat ini sudah kerap dikunjungi para pelintas.

TERKAIT  Sijukjuk Terabaikan di Samosir Dikagumi Norwegia
Ada Pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan anggota DPR RI Hinca Panjaitan di Adian Nalambok.(Foto/Stiruam)

Adian Nalambok memberikan suasana berbeda dari sejumlah tempat yang menawarkan keindahan danau hasil letusan big vulcano itu.

Pohon pinus yang banyak tumbuh di sana, semakin menambah kesejukan. Tempat duduk dan spot foto di lokasi tersebut dirancang untuk memanjakan pengunjung. Keunikan tempat itu saampai mencuri hati anggota DPR RI Hinca Panjaitan.

“Inilah tempat kita melihat Danau Toba yang luas dari sisi yang sempit” – Hinca Panjaitan di Adian Nalambok, 19 Februari 2021.

Sebagai rest area, di tempat ini juga tersedia areal parkir, sehingga para pengunjung semakin dimudahkan untuk menitipkan kendaraannya.

Dari Kota Balige, kawasan ini dapat ditempuh dengan estimasi waktu 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 6 kilometer.  Lokasi ini semakin digandrungi oleh kaum muda. Mereka bersantai menikmati alam Adian Nalambok  dan mengabadikan momen dengan berswafoto.

Penulis : Stiruam

Editor   : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU