Acara 1000 Tenda Tao Silalahi Arts Festival Diawali Ritual Hahomion

BERSPONSOR

Dairi, NINNA.ID-Untuk kelancaran dalam acara 1000 tenda Tao Silalahi arts festival, yang digelar dari 1-3 Desember 2023.

Panitia dan masyarakat Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi Sumatera Utara melakukan ritual Hahomion atau doa permintaan kepada leluhur, Jumat 1 Desember 2023.

Kepada media Hermanto Situngkir selaku Direktur Tao Silalahi Arts Festival mengatakan, ritual Hahomion ini merupakan doa permintaan kepada leluhur yang telah dilakukan secara turun temurun.

“Ritual ini, agar acara yang kami laksanakan berjalan lancar, para pengunjung yang datang sehat-sehat dan senang selama berada di Tao Silalahi,” kata Hermanto.

BERSPONSOR
Tao Silalahi Art Festival
Peserta Tao Silalahi Art Festival tahun sebelumnya(foto:ist)

Selain itu sesuai tema kegiatan ini yakni ‘Ketahanan Pangan’ sehingga ritual ini juga ada kaitannya dengan pertanian, baik itu yang sedang menanam, masa pertumbuhan/perawatan, berharap nantinya hasil panen semangkin lebih baik di Silahisabungan.

TERKAIT  Link Nonton Film Monamour Full Movie Sub Indo HD, Buka Link Ini Sekarang!

Budaya di Silahisabungan melalui acara ritual Hahomion, ternyata hasil yang melimpah, penanaman dan perawatan yang baik diiringi dengan doa-doa dan persembahan kepada leluhur.

“Jadi melalui ritual ini, kami juga ingin mengaitkan antara budaya dan ketahanan pangan, dan ini terjawab di ritual Hahomion,” ujarnya.

“Inilah yang akan kami kampanyekan kepada masyarakat dan teman-teman peserta 1000 tenda, kenapa acara ini berbicara budaya dan ketahanan pangan,” ungkapnya.

BERSPONSOR

Menurut Hermanto, saat ini ritual Hahomion sudah jarang dilakukan masyarakat di Silahisabungan.

“Makanya itu yang kami coba gali kembali, bagaimana caranya, bahannya apa saja dan dimana lokasinya. Itu yang akan kami kembangkan kembali,” terangnya.

Penulis: Fajar Gunawan
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU