spot_img

9 Destinasi Wisata Air Terjun di Pakpak Bharat

PAKPAK – Kabupaten Pakpak Bharat di Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa objek wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai dari mendaki gunung (Delleng Simpon), jelajah hutan di (Deleng Sindeka) dan wisata air terjun.

Untuk wisata air terjun, Kabupaten Pakpak Bharat ternyata memiliki banyak destinasi wisata air terjun, baik yang sudah dikelola dengan baik maupun yang masih sangat alami.

Air terjun yang tersebar di beberapa kecamatan di daerah ini menawarkan pesonanya masing-masing. Ada yang memiliki dua aliran, bertingkat-tingkat serta tinggi masing-masing yang bervariasi.

Penasaran di mana saja air terjun yang bisa dikunjungi selama di Kabupaten Pakpak Bharat? Berikut ada 9 daftar air terjun di Pakpak Bharat.

1. Air Terjun Sipitu-pitu

9 destinasi air terjun
Air Terjun Sipitu-pitu.(foto:ist)

Air terjun Sipitu-pitu ini berada di Desa Mungkur Kecamatan Siempat Rube. Air terjun ini memiliki tumpahan air sampai tujuh tingkat. Jarak objek wisata air terjun ini dari Kota Salak Ibukota Kabupaten Pakpak Bharat kurang lebih sekitar 10 kilometer.

Bagi yang berencana berwisata ke air terjun ini bisa mengendarai roda dua atau roda empat. Namun kurang lebih sekitar 200 Meter, pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi air terjun.

Jalan yang dilalui untuk berjalan kaki juga tidak perlu dikhawatirkan. Tidak ada trek jalan yang ekstrem menuju lokasi air terjun Sipitu-pitu.

2. Air Terjun Lae Pinang

9 destinasi air terjun
Air Terjun Lae Pinang.(foto:ist)

Lokasi Air Terjun Lae Pinang berada di Dusun Lae Parira Desa Malum (Lae Merempat) Kecamatan Sitellutali Urang Jehe. Air terjunnya Lae Pinang ini masih alami. Ketinggian air terjun cukup tinggi. Air terjun setinggi 50 meter ini menawarkan keindahan alam yang memukau.

Air Terjun Tanjung Lae Pinang ini layak di kunjungi karena selain indah dan menenangkan juga sangat menyegarkan.

3. Air Terjun Sikoning

9 Destinasi air terjun
Air Terjun Sikoning.(foto:ist)

Lokasi air terjun Sikoning ini tepatnya di kawasan Desa Sibongkaras, Kecamatan Salak. Tinggi air terjun mencapai 50 meter dan masih di kawasan hutan rimba, menjadi salah satu  kelebihannya. Benar-benar eksotis, enak dipandang mata.

Bila berniat berwisata ke lokasi air terjun Sikoning ini, pastikan anda sedang dalam kondisi yang prima ya. Waktu tempuh dari Kota Salak lumayanlah, sekitar 3 sampai 4 jam.

Bagi traveler yang memiliki jiwa petualang, cukup cocok untuk mengunjungi air terjun Sikoning ini. Namun jika ingin mengunjungi air terjun ini, jangan lupa juga untuk membawa bekal, karena tidak akan ada penjual makanan dan minuman di lokasi air terjun Sikoning.

4. Air Terjun Liang Tojok

9 Desinasi Wisata Air terjun
Air Terjun Liang Tojok.(foto:ist)

Air Terjun Liang Tojok berlokasi di Desa Mungkur Kecamatan Siempat Rube. Pesona Air Terjun Liang Tojok ini memiliki keindahan panorama alam yang menakjubkan. Tinggi air terjun sekitar 20 meter dan yang paling menarik, di lokasi air terjun ini Gua.

Gua ini diberi nama oleh masyarakat setempat dengan sebutan “Liang Tojok”. Kata liang adalah bahasa Pakpak yang artinya Gua. Air Terjun Liang Tojok ini layak kamu kunjungi karena selain indah dan menenangkan juga sangat menyegarkan.

5. Air Terjun Singgabit

Air Terjun Singgambit
Air Terjun Singgabit.(foto:ist)

Air Terjun Singgabit berada di Desa Mahala Kecamatan Tinada. Air terjun Lae Singgabit terletak di Dusun Kuta Delleng, Desa Mahala,  Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara.

TERKAIT  Pantai Carolina, Healing di Kawasan Hotel Tanpa Menginap

Objek wisata ini sangat cocok bagi yang memiliki jiwa petualang. Karena akses yang sedikit sulit untuk sampai ke tempat tujuan. Namun setalah sampai di lokasi air terjun, rasa lelah akan terobati setelah melihat keindahan alam nan eksotis dilokasi air terjun Singgabit ini.

6. Air Terjun Tanjung Suari

Air Terjun Tanjung Sari
Air Terjun Tanjung Suari.(foto:ist)

Air Terjun Tanjung Suari berlokasi di Kecamatan Pagindar. Lokasinya sekitar ratusan meter dari badan  jalan lintas menuju Pagindar. Untuk menuju air terjun Tanjung Suari ini dari Kota Salak, memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam sampai ke lokasi air terjun.

Keindahan panorama alam disekeliling air terjun ini dan juga  masih alami dan asri menjadi salah satu daya tarik air terjun ini. Serta udara yang sejuk pastinya akan membuat pengunjung betah berlama-lama dilokasi air terjun tersebut.

7. Air Terjun Lae Une

9 desinasi wisata air
Air Terjun Lae Une.(foto:lastro)

Objek wisata air terjun Lae Une ini berada di Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, persisnya di Desa Kecupak I. Untuk mencapai lokasi objek wisata ini terbilang masih cukup mudah dijangkau.

Jarak objek wisata air terjun Lae Une dari Ibukota Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Salak, kurang lebih sekitar 5 kilometer.

Jika berangkat dari Kota Salak, diperkirakan hanya memakan waktu kurang lebih 20 sampai 30 menit saja sudah tiba di lokasi. Keindahan air terjun ini dipadu dengan suasana alam yang masih asri.

8. Air Terjun Lae Mbilulu

Air Terjun Mblilulu.(foto;lastro)
Air Terjun Lae Mblilulu.(foto;lastro)

Air Terjun Lae Mbilulu ini terletak di Desa Pronggil Kecamatan Tinada. Air Terjun ini memiliki keunikan, yaitu memiliki air terjun dua aliran dengan tinggi sekitar 40 Meter.

Di lokasi air terjun ini telah tersedia beberapa fasilitas untuk menyambut traveler. Di antaranya gazebo, lokasi parkir, kursi, rumah ibadah, boardwalk, panggung kesenian, toilet, gedung informasi, tempat kuliner dan kios cinderamata.

Jarak Air Terjun Lae Mbilulu dari Kota Salak, kurang lebih hanya sekitar 12 kilometer dengan waktu tempuh diperkirakan hanya 30 menit. Sesampainya di Desa Pronggil, para traveler masih harus melewati jalan setapak untuk bisa sampai ke lokasi air terjun.

9. Air Terjun Lae Mbara

Air Terjun Mbara
Air Terjun Lae Mbara.(foto:lastro)

Bicara tentang Air Terjun Lae Mbara, mungkin masih belum sesanter air terjun lainnya. Air terjun ini masih tergolong baru diketahui para traveler. Dan pastinya belum banyak terjamah oleh manusia.

Air terjun ini tepatnya berada di Desa Perolihen Kecamatan Sitellutali Urang Jehe. Untuk menuju lokasi  air terjun dari Kota Salak Ibukota Kabupaten Pakpak Bharat, memakan waktu sekitar 2 jam lebih.

Namun untuk fasilitas pendukung air terjun ini, masih banyak yang perlu untuk dilakukan pembenahan, mulai dari akses jalan serta gajebo dan yang lainnya.

Bagaimana bro dan sista ninnA, tertarik untuk mengunjungi semua air terjun itu? Luangkan waktu liburmu berwisata air terjun ke Kabupaten Pakpal Bharat.

 

Penulis     : Lastro
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU