6.188 Paket Donasi Korban Gempa Taput Disalurkan

BERSPONSOR

TAPUT – 6.188 paket donasi korban gempa Taput mulai disalurkan. Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan beserta Kapoldasu Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak dan Danrem 023 KS Kolonel Inf Dody Triwinarto memimpin aktivitas penyaluran donasi bagi para korban terdampak gempa bumi dari Posko Bencana Alam.

Ada 6.188 paket donasi disalurkan pada korban yang sinkron dengan pendataan yang sudah dilakukan sebelumnya.Donasi atau bantuan itu dialokasikann untuk tujuh daerah kecamatan: Kecamatan Pahae Julu, Pahae Jae, Parmonangan, Siatasbarita, Tarutung, Sipoholon dan Kecamatan Pagaran.

“Semoga bantuan yang kita salurkan bisa meringankan beban rakyat terdampak bencana gempa bumi,” sebut Nikson, saat melepas tim penyalur donasi pada Posko Bencana Alam di Kantor Bupati Taput, Minggu (02/10/2022).

Disebutkan, 6.188 paket bantuan yang disalurkan berupa sembako, matras tempat tidur, tenda dan kain sarung.

BERSPONSOR

Bantuan yg disalurkan bersumber dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Polda Sumut, Kodim O210, Bank Mandiri, Indomaret, dan emipassiko.

Menurut Nikson, bencana alam gempa bumi yang melanda Tapanuli Utara dikategorikan sebagai bencana daerah yang sudah ditetapkan dan ditandatangani bersama dengan Forkopimda Taput.

Masa tanggap darurat sudah ditetapkan selama tujuh hari semenjak bencana alam gempa bumi, Sabtu (01/10/2022).

TERKAIT  Hasil Audit BPK Belum Mampu Ungkap Perkara Korupsi

“Untuk kegiatan belajar mengajar pada sekolah berjalan seperti biasa, terkecuali sekolah atau fasilitas sekolah mengalami kerusakan berat,” imbuhnya.

BERSPONSOR

Bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat juga ringan, Nikson berpesan supaya bersabar menunggu solusi yang akan segera direalisasikan.

Gempa Taput sampai saat ini telah merusak 1.316 rumah, 72 tempat ibadah, 31 saluran irigasi dan fasilitas lainnya. Data itu merupkan data terbaru yang dirilis oleh Pusat Komando Bencana Alam, Minggu (02/10/2022) pukul 12.00 WIB.

“Sebanyak 1.316 rumah, 72 rumah ibadah, dan 31 jalan rusak akibat gempa, menurut data terakhir hingga pukul 12.30 WIB,” kata Bupati Taput Nixon Nababan di Posko Bencana Alam.

Fasilitas umum yang ikut rusak: 9 unit jembatan, 23 institusi pendidikan, 3 institusi medis, 25 kantor pemerintah, 3 kantor swasta, 34 dinding penaha, 31 saluran irigasi, 3 tiang PLN, 2 LPJU, 1 fasilitas wisata, sembilan instalasi pengolahan air.

- Advertisement -

“Pendataan masih terus dilakukan sehingga jumlahnya bisa bertambah,” kata Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan di Posko Bencana Alam.

 

Penulis   : Rollis
Editor      : Mahadi Sitanggang

 

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU