spot_img

5 Destinasi Wisata Menarik Wajib Dikunjungi di Lembah Bakara

HUMBAHAS – Berada di kawasan geosite, Lembah Bakara memiliki kriteria-kriteria tertentu yang menjadikannya sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW) jempolan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Pesonanya yang memukau, membuatnya sudah sering dikunjungi oleh petinggi-petinggi negara seperti menteri, bahkan sampai presiden. Sampai saat ini, Lembah Bakara sedang dibenahi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas penunjang pariwisata

Salah satu fasilitas yang hampir selesai dibangun saat ini adalah dermaga atau pelabuhan di Desa Marbun Toruan yang nantinya diharapkan menjadi pintu masuk ke Lembah Bakara lewat Danau Toba.

Apa saja yang membuat Lembah Bakara itu memukau? Kali ini ini ninnA mengulas 5 destinasi wisata menarik yang wajib bro dan sista kunjungi di Lembah Bakara.

1. Aek Sitio-tio

Aek Sitio-tio 1
Aek Sitio-tio di Desa Siunong-unong Julu ramai dikunjungi wisatawan.(foto:gomgom)

Menurut warga sekitar, tempat ini merupakan tempat peristirahatan tentara Belanda pada era kolonialisme. Setelah Belanda angkat kaki dari tanah air, tempat ini semakin ramai dikunjungi. Kalau bro dan sistata turun dari Dolok Sanggul, maka obyek wisata inilah yang ditemukan lebih dulu. Bro dan sista bisa menikmati kesegaran luar biasa di pemandian alami yang bersumber dari mata air jernih.

Tidak perlu khawatir mengenai kenyamanan, karena tempat mandi laki-laki dan perempuan dibuat terpisah. Oh iya,  kalau ingin memanjakan lidah, di dekat pemandian ini terdapat warung Pak Purba yang menjual mie gomak serta kopi lintong yang terkenal itu. Pemandian ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

2. Istana Sisingamangaraja XI

tempat prajurit
Istana Raja Sisingamangaraja di Desa Simamora Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sebagai kampung halaman Sang Raja, tentu bro dan sista bisa pelesiran sejenak di Desa Lumbanraja. Hanya berjarak sekitar 200 meter dari pemandian Aek Sitio-tio. Di sini, bro dan sista akan menemukan Sogit (lokasi perkampungan), Jabu parsaktian (rumah kumpul keluarga), dan Jabu bolon (rumah khas Batak) yang berhubungan dengan Sisingamangaraja XI.

Berbagai peninggalan bersejarah yang terdapat di sini merupakan objek foto yang menarik serta bernilai sejarah tinggi. Di dalam kawasan ini terdapat toilet dan warung yang menyediakan aneka makanan maupun minuman ringan. Lokasi ini lebih ramai dari pemandian Aek Sitio-tio karena hampir setiap hari datang pengunjung, baik peziarah maupun yang sekedar tamasya. Untuk peziarah, pengelola kawasan istana ini menyediakan Ulos.

TERKAIT  Air Terjun Sipitu-pitu Bertingkat Tujuh yang Mengagumkan

3. Aek Sipangolu

Aek Sipangolu 2
Lokasi Aek Sipangolu.(foto:gomgom)

Jika bro dan sista berkunjung ke Lembah Bakara dari Bandara Silangit, maka rute tercepat adalah melalui objek wisata ini. Cocoklah, setelah bro dan sista merasa gerah selama perjalanan, langsung nyebur di Aek Sipangolu. Sembari menikmati pesona Desa Tipang di seberangnya, bro dan sista bisa menikmati kopi lintong di warung kopi sekitar.

4. Tombak Sulu-sulu

tombak sulu sulu 2
Liang batu di Tombak Sulu-sulu ini dipercaya sebagai tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja I.(foto:gomgom)

Untuk bro dan sista yang penasaran di mana Sisingamangaraja I dilahirkan, maka tempat ini wajib dikunjungi. Menurut para pengunjung yang pernah ke tempat ini, banyak di antara mereka merasakan aura spiritual yang kuat di sekitaran lokasi. Memang tempat ini sering dikunjungi para peziarah dari berbagai penjuru.

5. Kawasan Pelestarian Ihan Batak

sang penyelamat ihan 3
Penangkaran Ihan Batak yang ditata dengan baik.(foto:Mister O)

Apakah bro dan sista tahu, kalau Ihan Batak termasuk satwa endemik dan dilindungi oleh negara? Ya, selain karena jumlahnya yang sudah langka, Ihan Batak sangat bernilai dalam tradisi masyarakat Batak. Banyak acara-acara penting dalam kebudayaan Batak membutuhkan Ihan Batak sebagai sajian simbolik yang melambangkan harapan, kebaikan dan kemujuran. Karena itulah Ihan Batak pantas dilestarikan, selain karena langka, juga karena berkaitan dengan tradisi Batak.

Bro dan sista bisa menyaksikan penangkaran Ihan Batak di Desa Marbun Dolok, dan juga bisa bercengkrama dengan pemuda pengelola penangkaran ini, Swarno Lumbangaol, tentang budaya Batak.

Jadi, tunggu apa lagi bro dan sista? Kapan berkunjung ke Lembah Bakara yang sudah tersohor ke berbagai penjuru dunia? Kalau berkunjung ke Lembah Bakara, jangan sampai lupa mengunjungi kelima destinasi wisata ini ya. Dengan sepeda motor, bisa ditempuh sekitar 45 menit dari Dolok Sanggul dan 1,5 jam dari Bandara Silangit.

 

Penulis     : Gomgom Lumbantoruan
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU