spot_img

300 Pesepeda Gowes di Negeri Indah Kepingan Surga

SAMOSIR – Tidak mau ketinggalan dengan pemerintah, dunia olah raga tanah air ikut mempromosikan Samosir dan Danau Toba. Selama dua hari, sejak Sabtu (23/07/2022), Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), melaksanakan Event Gowes Tour de Samosir. Ratusan pesepeda dari berbagai daerah ini, melahap rute sejauh 115 km di Negeri Indah Kepingan Surga itu.

Event Gowes ini merupakan event tahunan yang sudah terlaksana sejak 2020 lalu. Dan untuk tahun ketiga ini, peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 300 orang, terbagi menjadi 17 Tim. Hal ini disampaikan oleh Ketua ISSI Kabupaten Samosir, Jorotta Marojahan Lumban Gaol kepada wartawan.

“Tujuannya untuk mengenalkan Samosir ke komunitas-komunitas sepeda yang ada di Indonesia, kalau Samosir adalah destinasi sport tourism khususnya sepeda,”ucap Jorotta.

Dengan mengusung tema “Cycling in wonderful island”, kata Jorotta, seluruh peserta akan menjalani 7 lokasi yang menjadi rute perjalanan. Start dari Gerbang Tuktuk menuju Huta Raja Desa Lumbansuhi Toruan, Pagar Batu Resto Sibea-bea, Simpang Limbong Sianjur Mulamula, Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba Sigulatti, Gedung Creative Hub Samosir Pantai Indah Situngkir, dan Lapangan Ambarita.

TERKAIT  Peningkatan SDM Pramuwisata di Simalungun

“Para peserta berasal dari berbagai daerah di luar Samosir. Bahkan ada yang dari luar Sumatera, seperti Jakarta dan Samarinda,” jelasnya

Selaku Ketua, Jorotta Marojahan Lumban Gaol berharap dengan terlaksananya Event ini dapat lebih meningkatkan kunjungan wisata ke Samosir.

“Dan bisa menggerakkan roda perekonomian di lokasi-lokasi yang dilalui rute sepeda” harapnya.

Gowes Samosir 2
Berhenti sejenak mengabadikan momen bersama.(foto:ist)

Selama Gowes berlangsung, pesepeda terlihat sangat menikmati pemandangan Pulau Samosir dan Danau Toba. Sesekali ada yang berhenti untuk mengabadikan momen berfoto bersama.

 

Penulis   : Edward Limbong
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU