spot_img

18 Objek Wisata Wajib Dikunjungi di Desa Tipang

HUMBAHAS – Sebagai salah satu desa yang meraih peringkat 50 besar Desa Wisata Terbaik dari 1800 lebih Desa Wisata di Indonesia, tentu membuat kita penasaran untuk menikmati apa saja yang ada di Desa Tipang. Untuk itulah, kali ini ninnA akan merangkum 18 objek wisata yang wajib dikunjungi di Desa Tipang Kecamatan Baktiraja Humbang Hasundutan.

  1. Tugu Selamat Datang Tipang
19 Objek wisata
Tugu selamat datang di Desa Tipang.(foto:gomgom)

Obyek ini merupakan titik pertama yang akan ditemui apabila bro dan sista berkunjung ke Desa Wisata Tipang. Tugu ini merupakan ikon Desa Tipang, berupa tiga buah tugu berupa tangan yang menyembah, padi yang sudah matang, dan burung. Ketiganya merupakan lambang kemakmuran, kesuburan tanah dan kesuburan ternak peliharaan masyarakat Desa Wisata Tipang.

2. Pulo Simamora

19 Objek wisata
Pulau Simamora di Humbang Hasundutan, sekilas mirip kura-kura di Danau Toba.(Foto/doc.gomgom)

Jika bro dan sista ingin merasakan suasana tenang yang jauh dari keramaian,  bisa mencoba camping di pulau yang tidak berpenghuni ini. Rasakan keheningan yang membebaskan jiwa dari segala kejenuhan dan kebisingan.

3. UMKM Pangaletek Pandan

19 Objek wisata
Para pengrajin baion (pandan duri) dari Desa Tipang yang jumlahnya semakin berkurang.(Foto:gomgom)

Budaya Batak tidak lepas dari yang namanya tikar pandan maupun berbagai produk lainnya turunan dari pandan. Di pusat UMKM ini bro dan sista akan diajari cara mangaletek (menganyam pandan) dan bisa membeli salah satu produk yang sudah jadi.

4. Rumah Wisata Desa Tipang

Rumah wisata tipang
Rumah wisata Desa Tipang.(foto:gomgom)

Jika bro dan sista berkunjung ke Tipang membawa rombongan atau keluarga, dan ingin merasakan kunjungan yang benar-benar seperti suasana di rumah sendiri, bro dan sista bisa menyewa Rumah Wisata yang terletak di tengah persawahan. Bersantailah dengan pemandangan yang memanjakan mata dan suara gemericik air di persawahan yang memanjakan telinga.

5. Sanggar Seni Dalloid

19 Objek wisata
Sanggar Dalloid dengan Alat musik produksi sendiri.(Foto/Gomgom)

Salah satu atraksi unggulan Desa Tipang adalah, adanya sanggar di mana bro dan sista bisa mengikuti workshop pembuatan alat musik tradisional Batak, workshop memainkan alat musik tradisional Batak, serta membeli cinderamata berupa alat musik tradisional Batak yang dikerjakan secara manual.

6. Sarkofagus Ompu Somba

19 Objek wisata
Satu dari 4 sarkofagus yang ada di Desa Tipang, bukti seni pahat yang tinggi dari nenek moyang Batak.(Foto:gomgom)

Desa Wisata Tipang dikenal masih sangat kental dengan budaya dan memiliki benda-benda peningggalan bersejarah, sarkofagus Ompu Somba adalah salah satunya

7. Air Terjun Sigota-gota

19 Objek wisata
Air terjun Sigota-gota di Desa Tipang Humbang Hasundutan seolah tersembunyi.(Foto/doc.Gomgom)

Bagi bro dan sista yang suka dengan sedikit tantangan? Ya, bro dan sista bisa menelusuri jalan yang lumayan menantang untuk menikmati keindahan tersembunyi dari air terjun bersejarah ini.

8. UMKM Sasagun Beras Merah Tipang

UMKM Sasagun
Sasagun Beras Merah.(foto:gomgom)

Apakah bro dan sista tahu, beras merah Tipang diyakini sebagai beras berkualitas terbaik di Sumatera Utara, ingin tahu kenapa bisa begitu? Pemandu Wisata akan menjelaskan bagaimana bisa begitu, jika sudah sampai di Desa Tipang.

9. Wisata Balian Sibara-bara

Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menikmati duduk di atas batu di tengah sawah Sibara-bara Desa Wisata Tipang, Humbang Hasundutan Sumut.(Foto:febe)

Jika bro dan sista ingin merasakan seperti apa rasanya benar-benar dimanjakan oleh keindahan alam yang sejati di kawasan Danau Toba? Ya, di sinilah tempatnya, bro dan sista akan mendapatkan pengalaman yang tidak ada duanya.

10. Sarkofagus Raja Ijulu

19 Objek wisata
Sarkofagus Raja Ijulu.(Foto:gomgom)

Sarkofagus ini diyakini sebagai makam dari salah satu founding fathers Desa Tipang. Ia menyimpan kisah menarik untukmu.

11. Batu Harbangan Banjar Tonga

TERKAIT  The Kaldera, Keindahan yang Agung
sarkofagus
Benteng batu di Desa Tipang yang masih kokoh melewati jaman.(Foto:ist)

Apakah bro dan sista pernah mendengar, leluhur kita dulu tinggal dalam perkampungan yang dibentengi batu besar dan bertingkat, serta untuk memasukinya kita harus menundukkan kepala melewati lorong yang hanya muat satu orang? Ya, salah satunya ada di Tipang.

12. Sarkofagus Tuan Dihorbo

Sarkofagus Tuan Dihorbo
Sarkofagus Tuan Dihorbo.(foto:gomgom)

Salah satu dari makam raja-raja marga yang ada di Tipang, Purba, makan ini sudah berusia ratusan tahun namun masih terawat dan memiliki motif ukiran yang estetis.

13. Sarkofagus Domiraja

Domiraja
Sarkofagus Domiraja

Makam salah satu raja pendahulu marga Nababan, generasi kelima. Saat ini merupakan sarkofagus yang paling terawat dan wajib dikunjungi.

14. Monumen Borsak Sirumonggur

Borsak Sirumonggur
Monumen Borsak Sirumonggur.(foto:ist)

Monumen sekaligus makam Borsak Sirumonggur, marga Lumbantoruan generasi pertama, berupa batu alam yang berbentuk abstrak dan terpugar rapi, megah.

15. Batu Siungkap-ungkapon

Batu Siungkapungkapon
Batu Siungkapungkapon.(foto:gomgom)

Titik di mana Raja Lontung mengunjungi borunya, Raja Sumba dan menyerah tiga buah batu sebagai lambang kesuburan manusia, tanah dan ternak. Salah satu titik penting dalam sejarah peradaban Tipang.

16. Gonting Tipang

19 Objek wisata
Desa Wisata Tipang Gonting Tipang.(foto:gomgom)

Jika bro dan sista ingin menikmati pemandangan Danau Toba dari titik yang tidak terlalu tinggi ke puncak bukit, inilah tempat yang cocok. Sambil bersantai, dekat dari parkiran motor dan mobil, bro dan sista bisa bersantai merenungkan hidup dan menghabiskan waktu.

17. Batu Maranak

BATU MARANAK
Dari lokasi cerita Batu Maranak, Selatan Danau Toba sangat memesona.(Foto/Gomgom)

Tidak ada tempat yang tidak bersejarah di Tipang, tidak terkecuali puncak Batu Maranak, ia memiliki legenda yang menarik dan penuh pesan-pesan moral. Bro dan sista akan menemukan beberapa orang pengunjung sering memasang tenda  camping dan bercengkerama sambil menyalakan api unggun.

18. Namartua Guminjang

Namartua Guminjang
Namartua Guminjang.(foto:gomgom)

Jika selama ini bro dan sista sudah ke sana kemari, mencari-cari puncak terbaik untuk menikmati sisi Selatan Danau Toba, maka dengan ini diberitahukan kepada bro dan sista sekalian, tidak diragukan lagi, Namartua Guminjanglah tempatnya. Ketinggiannya memungkinkan bro dan sista dapat memandang bebas ke seluruh penjuru Toba tanpa sesuatu yang menghalangi pandangan. Beberapa titik di puncaknya yang landai ibarat lapangan golf, memberikan ruang untuk bermanja dan menghabiskan waktu menenangkan jiwa.

Selain dari 18 objek wisata tersebut,masih terdapat banyak titik-titik yang perlu bro dan sista ketahui dan kunjungi di Desa Tipang, namun, kita akan menyajikannya untuk lain kali.

Ke 18 objek wisata di atas disusun berdasarkan rute satu arah untuk memudahkan wisatawan berkunjung tanpa harus bolak-balik melintasi titik yang sama.

Bro dan sista ninnA tidak perlu khawatir mengenai pemandu yang akan menemani mengunjungi 18 objek tersebut. Di Desa Tipang sudah ada Kelompok Sadar Wisata yang sudah berpengalaman mendampingi wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Tipang.

Untuk sampai ke Tipang, bro dan sista sudah tahu kan? Ya, 1,5 jam dari Bandara Silangit dan 1 jam dari Dolok Sanggul. Atau bro dan sista bisa menghubungi Kelompok Sadar Wisata yang ada di sana untuk informasi lebih lanjut. Sampai ketemu di Tipang.

 

Penulis     : Gomgom Lumbantoruan
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU