spot_img

10 Lokasi Air Terjun di Kawasan Danau Toba Layak Dikunjungi

DANAU TOBA – Di kawasan Danau Toba yang telah ditetapkan menjadi daerah super prioritas unggulan, banyak dijumpai lokasi air terjun. Bila masa pandemi ini berakhir, NINNA.ID merekomendasikan 10 lokasi air terjun untuk dikunjungi.

Selain panorama dan bentuk dari ke 10 air terjun ini berbeda, cerita dan kisah yang mengalir bersama air terjun itu juga berbeda. Ada kisah asmara, perjuangan hidup hingga kisah misteri.

Tak perlu berpanjang lebar, yuk kita lihat di mana saja air terjun itu bisa dikunjungi.

1. Sihir Air Terjun Pemanggil Jodoh
HUMBAHAS – Jika serial drama radio, Nini Pelet Penunggu Gunung Ciremai, punya Ajian Jaran Goyang pemikat lawan jenis. Maka tak kalah hebat, di Tanah Batak ada air yang dipercaya bisa memanggil jodoh, Air Terjun Janji.

Berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, objek wisata yang semakin ramai dikunjungi ini, secara administratif bagian dari Kecamatan Baktiraja, Desa Tipang.

2.Air Terjun Sampuran Efrata, Permata Tersembunyi di Balik Bukit
SAMOSIR – Kabupaten Samosir sangat terkenal dengan wisata alamnya, salah satu keindahan itu berada di Air Terjun Sampuran Efrata, di Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Saat ini air terjun Sampuran Efrata  merupakan salah satu objek wisata favorit yang jarang dilewatkan pengunjung. Air terjun ini memiliki daya tarik yang berbeda.

3. Sampuran Sigaol “The Hidden Waterfalls” di Pundak Pulau Samosir
SAMOSIR – Penduduk setempat menamai air terjun ini dengan Sampuran Sigaol, berada di daerah Salaon Kecamatan PangururanKabupaten Samosir Sumatera Utara. Keindahannya sangat sangat natural, namun masih jarang diketahui banyak orang. Air terjun eksotis ini, seakan tersembunyi – The Hidden Waterfalls – di pundak Pulau Samosir.

Lokasi Sampuran Sigaol ini merupakan bagian dari Bius Salaon (bius;pranata kearifan lokal). Masyarakatnya tinggal dalam tiga desa yaitu Desa Salaon Dolok, Salaon Toba dan Salaon Tonga-tonga.

4. Air Terjun Siraba-raba, Tempat Meditasi Berguru Ilmu Kanuragan
HUMBAHAS –Air terjun Siraba-raba, tak kalah menarik dengan air terjun lainnya di kawasan Danau Toba. Air terjun ini bahkan dipercaya, pernah menjadi tempat meditasi para satria yang ingin berguru ilmu kanuragan.

Air terjun yang juga dikenal dengan nama Sampuran Siraba-Raba terletak di Desa Hutajulu Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan.

5. Yuk Jalan-jalan ke Air Terjun Lae Une di Pakpak Bharat
PAKPAK BHARAT – Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara, memiliki beberapa objek wisata air terjun yang  menyimpan ragam pesona yang cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, seperti air  terjun Lae Une.

Objek wisata air terjun Lae Une ini berada di Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, persisnya di Desa Kecupak I. Untuk mencapai lokasi objek wisata ini terbilang masih cukup mudah dijangkau.

TERKAIT  Gresia Coffee Resto Destinasi Wisata Kuliner dan Sport

6.Air Terjun Corona, Ditemukan di Saat Pandemi
TOBA – Ini adalah kisah ku (penulis) bersama Fernando, Giat dan belakangan ada Astri. Bermula dengan adanya kebijakan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan dan pembatasan kegiatan di pertengahan tahun 2020, kami sepakat menjelajah bukit barisan di seputaran Lumbanjulu, Kabupaten Toba.

Sebenarnya penjelajahan ini minim perencanaan, semata hanya karena jenuh lalu berinisiatif mencari kegiatan di luar. Salah satu cara keluar dari aturan pandemi adalah menjelajah alam bebas.

7. Air Terjun Naisogop, Kisah Cinta Dendam Dan Kesetiaan
SAMOSIR – Namanya, air terjun Naisogop. Air terjun ini terletak di kaki gunung Pusuk Buhit Dusun Huta Urat, Desa Sianjur, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Jaraknya hanya sekitar 10 kilometer ke arah Selatan dari pusat Kota Pangururan, pusat pemerintahan Kabupaten Samosir.

Layak Menyandang Predikat Air Terjun Yang Legendaris, Karena Di Samping Keindahannya Yang Mampu Membius Rasa Dan Memanjakan Mata Setiap Pengunjung, Air Terjun Naisogop Ternyata Memiliki Kisah Romantika Yang Menggugah, Yakni Kisah Tentang Cinta, Dendam Dan Kesetiaan.

8. Air Terjun Sigota-gota Berkisah dengan Mitos yang Kuat
HUMBAHAS –Air terjun Sigota-gota terletak di Sosor Julu, Dusun 3 Desa Tipang. Selain  sebagai geosite, tempat ini merupakan suatu peninggalan bersejarah bagi masyarakat Tipang.

Kisahnya, berawal dari tujuh orang pemuda yang disuruh orang tua mereka berburu ke hutan, dekat sungai tak bernama. Selama dua hari berburu, mereka tidak mendapatkan hasil apapun.

9. Air Terjun Lae Pendaroh, Tempat Asyik Untuk Berselfie
DAIRI – Berada di pinggir Jalan Lintas Sidikalang-Medan membuat Air Terjun Lae Pendaroh yang berada di Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi ini selalu ramai didatangi pengunjung. Di lokasi ini, biasanya pengunjung asik ber-selfie ataupun wefie atau sekedar melepas lelah. Tak hanya panoramanya saja yang indah, udara di sini juga sejuk.

Letak air terjun Lae Pendaroh ini tidak jauh dari lokasi wisata Patung TB Simatupang dan Taman Wisata Iman, atau sekitar 4 Km dari Kota Kecamatan Sumbul.

10. Air Terjun Bidadari di Toba yang Menghipnotis
TOBA – Tidak banyak yang tahu jika di dekat  air terjun Situmurun Kabupaten Toba ada beberapa spot wisata yang tak kalah menarik dan akan mengundang decak kagum pengunjung. Salah satunya, air terjun Bidadari yang berada tidak jauh dari air terjun Situmurun.

Terjun Ini Berada Di Salah Satu Lembah Bukit Di Desa Jonggi Nihuta, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba.

 

Redaksi

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU