spot_img

10 Kegiatan yang Bisa Memanjakan Wisatawan di Geosite Sipinsur

HUMBAHAS – Sejak menerima predikat dataran tinggi terpopuler 2018 se-Indonesia,  Anugerah Pesona Indonesia, Geosite Sipinsur menjadi primadona traveler untuk menikmati setiap kesempatan liburannya. Geosite Sipinsur dibuka kembali pada 18 September 2021, setelah beberapa lama ditutup karena kebijakan pemerintah melalui program PPKM.

Ada hal yang baru dan menarik untuk menikmati Geosite Sipinsur. Berikut NINNA.ID jelaskan apa saja yang bisa kita nikmati berwisata di Geosite Sipinsur di Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara.

1. Panorama Danau Toba

Danau Toba dan Pulau Sibandang
Danau Toba dan Pulau Sibandang

Berdiri di pinggiran dataran tinggi Geosite Sipinsur menikmati hembusan angin dan hijaunya pohon pinus, disempurnakan dengan pemandangan Danau Toba dari sisi yang berbeda wilayah Humbang Hasundutan.

Tampak di depan mata Pulau Sibandang yang terlihat sangat hijau memanjakan mata. Juga lembah-lembah yang sangat indah dengan kotak persawahan dari kejauhan. Muara hingga perbukitan Kabupaten Toba, dari jauh seolah menyapa kita. Sebelah kiri tampak perbukitan wilayah Kecamatan Sitio-tio Kabupaten Samosir. Pulau Samosir mengakhiri jangkauan mata indahnya panorama Danau Toba.

Sembari berselfie-ria, ada fotographer-fotographer Geosite Sipinsur yang menawarkan hasil jepretan kerennya, untuk dibawa pulang bentuk foto tercetak. Spot-spot foto juga disediakan telah disediakan agar dapat memberikan angle atau sudut terbaik untuk berselfie ria.

2. Restoran Sipinsur

menu resto
Salah satu menu resto

Sebelumnya restoran Sipinsur telah NINNA.ID tuliskan kepada Bro and Sista. Akhirnya, alunan musik dan lagu dan nikmat sajian masakan mereka bisa kita rasakan kembali. Restoran Sipinsur sempat ditutup selama masa PPKM

3. Taman Bermain Anak-anak

Taman Bermain
Taman bermain anak

Keceriaan anak-anak sangat lengkap dengan berwisata ke Geosite Sipinsur. Tersedia beragam mainan anak-anak yang dapat dinikmati secara gratis, seperti ayunan, seluncuran, kotak ayunan dan panjatan.

4. Camping Keluarga

camping keluarga
Lokasi camping keluarga

Beberapa kelompok keluarga tampak sedang bersantai dengan menggelar tikar di rumput Geosite Sipinsur. Gathering keluarga sangat menyenangkan dan sempurna, maka Sipinsur menjadi pilihan. Dengan santai dan asyiknya sekelompok pemuda duduk dengan gitar melantunkan lagu-lagu di bawah pohon pinus beralaskan tikar. Luasan Sipinsur menjadikan suara lantang kelompok pemuda ini tidak menjadi gangguan kepada pengunjung lainnya.

5. Food Court

TERKAIT  18 Objek Wisata Wajib Dikunjungi di Desa Tipang
food court
Food Court

Tidak hanya Restoran Sipinsur yang menyajikan makanan dan minuman di Geosite Sipinsur. Tersedia sejumlah Food Court yang dikelola oleh masyarakat dengan lapak yang disediakan oleh Pengelola Sipinsur dengan design yang sama berbentuk ornamen rumah Batak. Menunya beragam.

6. Open Stage Sipinsur

open stage
Open stage

Open stage Sipinsur dibangun untuk dipergunakan sebagai lokasi pelaksanaan berbagai acara. Pentas seni, pertemuan-pertemuan, tempat acara kelompok-kelompok dan berbagai acara lainnya. Setiap Hari Minggu Dinas Pariwisata Kabupaten Humbang Hasundutan biasanya menggelar pertunjukan Seni Budaya yang diisi oleh sanggar-sanggar seni yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan secara bergantian.

7. Pohon Pinus

Pohon pinus
Pohon pinus

Ratusan pohon pinus yang tumbuh di hamparan dataran tinggi Geosite Sipinsur menjadikan destinasi wisata ini sejuk sempurna untuk dikunjungi. Setiap sudut dengan pohon pinus menjadi titik Instagramable untuk diabadikan. Hampir setiap hari ada saja pasangan yang mengabadikan prewedingnya di Geosite Spinsur.

8. Panggung Opera Batak Sipinsur

Panggung Opera Batak Sipinsur
Panggung Opera Batak Sipinsur

Panggung yang diberi nama Panggung Opera Batak Sipinsur ini merupakan objek yang baru dibangun di Geosite Sipinsur. Bermula dari tumbangnya beberapa batang pohon pinus di lokasi tersebut akibat angin kencang yang sempat melanda Sipinsur.  Akhirnya di lokasi itu dijadikan sebuah panggung, yang nantinya akan menjadi sarana pelaksanaan pagelaran seni atau bahkan event-event lainnya.

9. Penginapan

Penginapan
Penginapan

Disekitaran Geosite Sipinsur juga tersedia penginapan yang diberi nama KR Sipinsur yang kepemilikannya berbeda pengelolaan dengan Geosite Sipinsur. Fasilitas ini menjadi dukungan untuk Geosite Sipinsur. Sehingga waktu beraktivitas bisa lebih banyak di Sipinsur.

10. Fasilitas Umum

Penunjuk arah
Penunjuk arah

Berupa toilet yang berstandar internasional juga sudah dibangun di Geosite Sipinsur. Beberapa titik toilet yang tersedia di Geosite Sipinsur, nyaman dan bersih terjaga. Lokasi parkir yang memadai ada di luar gerbang Geosite Sipinsur. Pengelolaannya bekerjasama dengan masyarakat sekitar Geosite Sipinsur.

Nah, tunggu apalagi bro dan sista NINNA.ID. Siapkan rencana mu dengan matang ya. Begitu pandemi ini berangsur pulih dan tidak ada kebijakan PPKM, yuk menikmati alam di Geosite Sipinsur.

 

Penulis    : Febe
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU