10 Fakta Angelina Jolie: Profil dan Sosok di Balik Aktivis Kemanusiaan dan Aktris Sukses

BERSPONSOR

Angelina Jolie, seorang aktris dan aktivis kemanusiaan terkenal, selalu menjadi pusat perhatian publik, apakah kamu sudah tahu 10 fakta tentang sang selebriti?

Dari perannya yang ikonis di layar lebar hingga keterlibatannya dalam berbagai kegiatan sosial, Jolie terus menginspirasi banyak orang.

Berikut ini dipaparkan 10 fakta tentang sosok Angelina Jolie dengan fokus pada karir akting dan aktivisme kemanusiaannya.

1. Awal Karir Angelina Jolie

BERSPONSOR

Angelina Jolie Voight lahir pada 4 Juni 1975 di Los Angeles, California, AS. Sebagai putri dari aktor terkenal Jon Voight dan aktris Marcheline Bertrand, Jolie tumbuh dalam keluarga yang akrab dengan industri hiburan. Karir aktingnya dimulai pada usia yang sangat muda, dengan penampilan pertamanya di layar lebar dalam film “Lookin’ to Get Out” (1982), yang disutradarai oleh ayahnya.

2. Kesuksesan di Dunia Akting

Sepanjang karirnya, Jolie telah membintangi banyak film yang sukses secara komersial dan kritis, seperti “Girl, Interrupted” (1999), “Lara Croft: Tomb Raider” (2001), dan “Mr. & Mrs. Smith” (2005). Perannya dalam film “Girl, Interrupted” membuatnya memenangkan penghargaan Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik. Beberapa film terkenal lainnya yang dibintangi Jolie adalah “Maleficent” (2014) dan “By the Sea” (2015).

3. Keterlibatan dalam Kegiatan Sosial

BERSPONSOR

Selain karir aktingnya yang sukses, Angelina Jolie juga dikenal sebagai sosok yang aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan aktivis hak asasi manusia. Jolie menjadi Duta Goodwill UNHCR sejak 2001 dan kemudian diangkat sebagai Duta Khusus pada tahun 2012. Ia telah mengunjungi lebih dari 30 negara untuk mempromosikan kesadaran dan mendukung pengungsi dan korban konflik.

4. Adopsi dan Keluarga

Angelina Jolie memiliki hati yang besar untuk anak-anak yang membutuhkan. Ia telah mengadopsi tiga anak dari negara-negara yang terkena dampak konflik, seperti Kamboja, Ethiopia, dan Vietnam. Selain itu, Jolie juga memiliki tiga anak biologis bersama mantan suaminya, aktor Brad Pitt.

5. Kepedulian Terhadap Kesehatan

- Advertisement -

Jolie telah menggunakan popularitasnya untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan, terutamatentang kanker payudara dan ovarium.

Pada tahun 2013, ia mengungkapkan bahwa ia menjalani mastektomi ganda preventif setelah mengetahui bahwa ia memiliki risiko tinggi menderita kanker payudara.

Keputusannya untuk berbicara secara terbuka tentang pengalamannya telah membantu mempengaruhi banyak perempuan untuk mengambil tindakan pencegahan dan menjalani tes genetik.

6. Penghargaan dan Pengakuan

Atas kontribusinya di bidang akting dan kemanusiaan, Angelina Jolie telah menerima berbagai penghargaan dan pengakuan. Beberapa di antaranya adalah tiga Golden Globe Awards, dua Screen Actors Guild Awards, dan satu Academy Award. Pada tahun 2013, ia dianugerahi Jean Hersholt Humanitarian Award oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences karena keterlibatannya dalam kegiatan kemanusiaan.

TERKAIT  TNI Kirim PRCPB ke Tapanuli Utara

7. Sutradara dan Produser Film

Selain akting, Jolie juga mengeksplorasi dunia di balik kamera sebagai sutradara dan produser film. Debut penyutradaraannya adalah film “In the Land of Blood and Honey” (2011), yang menggambarkan kisah cinta di tengah perang Bosnia. Film ini memperoleh pujian dari kritikus dan memenangkan Producers Guild of America’s Stanley Kramer Award.

8. Karya Tulis

Angelina Jolie telah menulis beberapa artikel dan opini yang diterbitkan di berbagai media, seperti The New York Times dan TIME Magazine. Topik yang ditulisnya meliputi pengungsi, hak perempuan, dan kesehatan. Tulisan-tulisannya membuktikan bahwa Jolie bukan hanya seorang aktris dan sutradara, tetapi juga seorang penulis yang peduli tentang isu-isu dunia.

9. Filantropi

Jolie telah mendirikan beberapa yayasan dan inisiatif untuk mendukung berbagai isu kemanusiaan. Salah satunya adalah Maddox Jolie-Pitt Foundation, yang didirikan pada tahun 2003 untuk membantu komunitas di Kamboja. Selain itu, Jolie juga mendirikan Education Partnership for Children of Conflict pada tahun 2006 untuk menyediakan pendidikan bagi anak-anak yang terkena dampak konflik.

10. Pengaruh dan Inspirasi

Angelina Jolie telah menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia, baik melalui karir aktingnya maupun keterlibatannya dalam aktivisme kemanusiaan.

Sosoknya yang kuat dan independen telah menjadi panutan bagi perempuan muda, sementara dedikasinya dalam membantu orang-orang yang membutuhkan menunjukkan bahwa keberhasilan di dunia hiburan dapat diimbangi dengan kepedulian yang tulus terhadap isu-isu global.

Angelina Jolie merupakan sosok yang luar biasa di dunia hiburan dan aktivisme kemanusiaan. Dari karir akting yang sukses hingga dedikasinya dalam membantu orang yang membutuhkan, Jolie terus menjadi inspirasi dan panutan bagi banyak orang.

Melalui artikel ini, kita dapat lebih mengenal profil dan sosok Angelina Jolie, seorang aktris sukses yang juga peduli tentangmasalah kemanusiaan dan hak asasi manusia.

Keberhasilannya di berbagai bidang membuktikan bahwa Jolie adalah perempuan tangguh dan berbakat yang mampu memberikan kontribusi positif kepada dunia.

Dengan demikian, Angelina Jolie membuktikan bahwa seseorang dapat sukses di dunia hiburan tanpa melupakan tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap isu-isu global.

Semoga kisah hidup dan pencapaiannya dapat terus menginspirasi generasi mendatang untuk mengikuti jejaknya dalam menciptakan perubahan positif bagi dunia.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU